3 Cara Belanja Online yang Aman dan Praktis

No comment 886 views

Belanja Online Indonesia merupakan salah satu negara yang paling konsumtif dalam urusan belanja online. Pertumbuhan ecommerce yang semakin tak terbentung dan kerap memberikan diskon-diskon menarik, menjadi alasan orang untuk lebih memilih belanja online ketimbang harus berlama-lama di mall ataupun pasar. Cara belanja paling modern ini memang sangat menguntungkan, dengan waktu yang terbatas, Anda dapat memilih ribuan bahkan jutaan produk serupa untuk mencari kualitas dan harga produk terbaik. Bahkan belanja secara online ini bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun berada, tanpa ada batasan waktu dan jarak. Sangat praktis bukan!

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berbelanja online di dunia maya. Namun yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana cara menemukan produk yang sesuai dengan harga dan kredibilitas penjual. Sebab, keamanan adalah prioritas utama dalam berbelanja online, mengingat tidak semua toko online benar-benar jujur dalam melayani pembeli. Ada 3 cara belanja online yang biasa saya lakukan untuk mendapatkan produk dan harga yang sesuai dengan kebutuhan, yakni:

1. Menggunakan Layanan Google Search

Banyak situs pencarian yang bisa digunakan untuk mencari produk yang kita butuhkan, namun Saya lebih menyukai menggunakan google search. Lewat halaman pencarian ini, Saya dapat melakukan pencarian yang sesuai dengan keyword “produk” yang sedang ingin saya beli. Nantinya akan muncul beberapa situs yang menjual produk terkait. Biasanya saya memilih untuk membuka situs yang tampil di halaman pertama pencarian dan melakukan perbandingan harga dari setiap situs yang saya temukan.

2. Membaca review dari pembeli lain

Saya menyadari bahwa tidak semua situs yang berada di tingkat teratas pencarian google adalah yang terbaik dan dapat dipercaya. Untuk mencegah kemungkinan hal terburuk terjadi Saya melakukan seleksi dengan membaca review dari pembeli sebelumnya. Jika review yang diberikan banyak yang positif maka itulah produk yang akan saya beli.

3. Pembayaran Aman

Saat semuanya sudah Saya rasa oke, maka hal terakhir yang Saya perhatikan adalah metode pembayaran yang digunakan. Memang rata-rata toko online (situs ecommerce) sudah menerapkan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan metode bank transfer. Namun alangkah lebih baiknya jika dilengkapi dengan jaminan keamanan transaksi untuk mencegah pencurian data (hacking).

Leave a reply "3 Cara Belanja Online yang Aman dan Praktis"