3 Langkah untuk Memastikan Pensiun Dini

No comment 182 views
build_links(); ?>
Pensiun Dini

 

Hari ini semakin banyak yang pensiun dini. Pensiun dini berarti meninggalkan seluruh aktivitas pekerjaan karena kondisi finansial sudah sepenuhnya aman. Selain itu, mereka yang pensiun dini juga memiliki banyak sekali investasi, sehingga uang mengalir dengan sendirinya. Iya betul sekali, dari hari ke hari semakin banyak entrepreneur yang mencoba peruntungan di dunia bisnis agar bisa pensiun sedini mungkin. Bayangkan di usia 30 tahun, kamu bisa seharian mancing tanpa perlu lagi memikirkan akan makan apa hari ini!  Siapapun pasti menginginkan hal itu! Nah berikut ini kami akan membahas 3 langkah mudah untuk memastikan pensiun dini, selamat membaca.

  1. Tingkatkan Profit dan Juga Aset Pribadimu

Langkah pertama untuk memastikan pensiun dini yaitu dengan meningkatkan profit bisnis sekaligus aset pribadimu. Bagaimana caranya? Tentu kamu mesti menerapkan perencanaan keuangan yang efisien, efektif, dan juga terukur. Efisien berarti kamu mesti menjadikan bisnismu sefleksibel mungkin, sehingga kamu bisa memperluas aspek bisnismu selebar mungkin. Efektif berarti kamu mesti menjadikan bisnismu memiliki nilai konversi yang tinggi. Percuma saja kamu punya konsep bisnis yang bagus jika konversimu sangat sedikit setiap bulannya, jadi kamu harus mengerti pasar lebih detail lagi. Terukur berarti kamu mengetahui jumlah pengeluaran dan pemasukan bahkan jika jumlahnya hanya 100 rupiah saja.

Perlu kamu catat, pastikan setiap hari atau bulannya, pendapatanmu meningkat, bahkan jika presentasenya hanya 1%, daripada tidak sama sekali? Tak peduli berapapun target yang ingin kamu capai, yang penting ada kenaikan. Idealnya agar bisa pensiun dini, setiap tahun kamu mesti mendapatkan total profit mencapai 1 milyar rupiah. Namun jika terlalu tinggi dan usiamu juga masih muda, kamu bisa menetapkan target yang jauh lebih rendah.  O ya agar kamu lebih cepat pensiun dini, sebaiknya kamu manfaatkan gratis ongkir Bukalapak. Dapatkan gratis ongkir bukalapak dan diskon cashback, maka kamu bisa menghemat banyak sekali uang setiap tahunnya. Alhasil, kamu ‘pun bisa mempercepat pensiun dini.

  1. Monitor Gaya Hidupmu

Langkah untuk memastikan pensiun dini selanjutnya yaitu selalu memonitor gaya hidup. Iya betul sekali, gaya hidup merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh, apakah seseorang bisa pensiun dini atau tidak. Seorang ekonom asal Inggris, C. Northcote Parkinson, pernah mengemukakan tentang hubungan gaya hidup dengan ekonomi. Ia mengatakan bahwa jika kemewahan sudah dinikmati, maka ia akan berubah menjadi suatu kebutuhan. Hal tersebut benar adanya, apakah kamu bisa menghentikan menggunakan smartphone dalam sehari saja? Tidak bisa bukan? Begitupun dengan finansial, dimana jika seseorang terbiasa hidup foya-foya dengan menghambur-hamburkan uang, maka hal itu akan menjadi suatu kebutuhan.

Nah untuk memonitor gaya hidup, kamu bisa melakukan beberapa cara. Pertama dengan memikirkan pengeluaran rendah selama 24 jam dan pengeluaran banyak selama 7 hari. Misalnya kamu ingin membeli dua pak kopi, maka pikirkan dulu selama 24 jam, apakah dua pak kopi tersebut benar-benar dibutuhkan? Untuk pengeluaran banyak misalnya kamu ingin membeli mobil baru, maka pikirkanlah dulu selama 7 hari, apakah mobil tersebut benar-benar dibutuhkan? Cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu dengan selalu mengeluarkan uang dalam bentuk cash. Jadi sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit, karena akan berimbas pada beban yang terlalu banyak. Selain itu kamu ‘pun mesti belajar bahagia tanpa uang, misalnya seperti persahabatan, hubungan bisnis yang sehat, jalan-jalan di taman dengan hewan peliharaan, dan lain-lain.

  1. Fokus Pada Pengeluaran

Agar bisa berhemat, banyak orang sering menetapkan presentase penghematan tertentu misalnya seperti mengambil 20% pendapatan untuk dimasukan kedalam tabungan. Banyak orang gagal pensiun dini karena terlalu stuck dengan konsep itu. Sebaliknya, sebaiknya kamu lebih fokus pada habit atau kebiasaan yang lebih terasa. Misalnya jika kamu biasanya mengeluarkan uang 100 ribu rupiah ketika makan di restoran, maka kurangi menjadi 80 ribu rupiah.

Nah itulah 3 langkah untuk memastikan pensiun dini, bagaimana tidak terlalu sulit bukan? Jika kamu ingin menikmati masa muda dengan setumpuk kenyamanan, sebaiknya aplikasikan beberapa langkah diatas.

Leave a reply "3 Langkah untuk Memastikan Pensiun Dini"