3 Teknik Sablon untuk Mencetak Desain pada Kaos Polos

No comment 187 views
build_links(); ?>
Kaos Polos

 

Salah satu cara yang menyenangkan dan hemat uang untuk mencetak/menyablon kaos dengan nama brand sendiri adalah dengan cara mendesain lalu mencetaknya sendiri. Untuk urusan mencetak, Anda bisa menggunakan jasa percetakan khusus kaos atau mencetak sendiri dengan alat dan bahan yang mudah didapatkan. Namun secara garis besar, tahapan yang harus dilalui bila Anda ingin mencetak kaos sendiri di rumah adalah pertama beli kaos polos, lalu membuat desainnya, dan terakhir pilih teknik untuk menyablonnya. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai teknik mencetak desain pada kaos, silahkan simak ulasan selengkapnya!

  1. Menggunakan Teknik Sablon DTG

Teknik mencetak ini merupakan teknik yang paling populer saat ini. Sebenarnya ada banyak teknik menyablon yang bisa digunakan, namun sepertinya ini teknik yang paling praktis yang bisa Anda coba. Teknik ini menggunakan sebuah mesin print dengan nama DTG (Direct to Garment). Dengan alat cetak ini, Anda bisa melakukan proses pencetakan sendiri di rumah. Pasalnya, alat ini dapat dioperasikan sendiri. Hasil cetaknya pun juga sangat bagus, rapi dengan disain timbul dan warnanya juga lebih cerah dibandingkan cara manual.

Selain itu, karena dicetak secara otomatis menggunakan mesin sejenis printer. Anda dapat mencetak desain kaos yang Anda buat dalam jumlah satuan ataupun grosiran. Namun sayangnya Anda perlu mengeluarkan kocek yang cukup dalam untuk dapat membeli mesin DTG ini. Akan tetapi, bila Anda ingin gunakan untuk tujuan berbisnis, maka harga seperti itu, sebanding dengan keuntungan yang bakal Anda dapatkan nantinya.

  1. Sablon Manual dengan Cat Khusus

Selain dengan teknik pencetakan menggunakan mesin DTG, Anda juga bisa menggunakan teknik sablon lain yang lebih murah. Namun yang perlu Anda garis bawahi adalah, teknik sablon manual ini lebih rumit bila dibandingkan saat menggunakan mesin DTG. Karena semua bahan seperti tinta rubber, binder, lem papan, pengemulsi, cairan pembersih afdruk dan sebagainya harus Anda persiapkan dan rakit sendiri. Semua bahan-bahan yang Anda butuhkan dapat Anda beli di toko-toko yang menjual alat-alat sablon dan juga di toko-toko yang menjual bahan kimia.

Sangat berbeda bila Anda menggunakan teknik mesin DTG, yang begitu Anda selesai mendesain, bisa langsung Anda cetak saat itu juga. Dengan menggunakan sablon manual, Anda harus melalui tahapan-tahapan yang panjang dan juga rumit. Mulai dari membuat desain pada cetakan, kemudian menempelkannya pada kaos, lalu dilumuri dengan cat rubber, hingga ke tahap penjemuran. Baru setelah itu kaos dapat dikenakan. Dengan cara manual ini, membutuhkan kesabaran dan ketelitian tinggi agar hasil cetak rapi sesuai dengan keinginan.

  1. Sablon Press

Teknik press ini paling sering digunakan bila ingin mencetak secara manual. Kunci dari keberhasilan teknik ini adalah dengan memberikan tekanan pada tinda di bagian atas screen.

Screen merupakan dasar, pola desain yang sebelumnya sudah Anda buat. Tekanan pada tinta tersebut berfungsi agar tinta dapat menembus pori-pori screen, dan membuatnya menempel pada kaos sehingga membentuk pola pada kaos sesuai dengan desain yang ada pada screen. Untuk teknik sablon press ini, terbagi atas 2 teknik, yakni manual dan otomatis. Untuk teknik otomatis ini, tentunya menggunakan mesin khusus yang dapat mencetak lebih banyak dan juga lebih hemat waktu.

Itulah 3 teknik sablon yang bisa Anda gunakan untuk mencetak desain pada kaos. Nah, kira-kira Anda ingin menggunakan teknik yang mana?

Leave a reply "3 Teknik Sablon untuk Mencetak Desain pada Kaos Polos"