4 Hal yang Harus Dipahami Sebelum Melakukan Offroad

No comment 39 views

Jika Anda mengikuti berita otomotif yang ada di media elektronik, mungkin offroad adalah salah satu hobi yang berkaitan dengan roda 4 yang paling populer saat ini. Hobi yang sangat identik dengan kaum pria itu memang sangat menguji adrenalin. Jalan yang berbatu, berlumpur hingga berpasir menjadi track yang paling di nanti. Tak heran, jika offroader rela menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan track-track yang sangat menantang.

berita otomotif

Selain keberanian yang ekstra, kegiatan offroad juga membutuhkan mobil yang mampu menjajal track-track yang sulit dilakukan oleh jenis mobil standar. Misalnya saja, di lautan pasir kaki gunung Bromo atau di Pantai Sewarna di Banten. Track ini hanya bisa dilalui oleh mobil jenis tertentu saja, seperti Chevrolet dan lain sebagainya. Meskipun track di lokasi ini masuk dalam kategori fun offroad, namun tidak sembarangan mobil bisa melaluinya.

Nah, buat Anda yang baru pertama kali ingin menjajal track-track offroad yang menguji adrenalin, ada beberapa hal penting yang sebaiknya Anda pahami. Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai hal tersebut;

  1. Pelajari Jenis Medan Offroad yang Akan Dilalui

Hal pertama yang harus diketahui oleh seorang offroader pemula adalah menentukan jenis medan offroad yang ingin di jajal. Pada dasarnya offroad terdiri dari beberapa jenis, yakni fun offroad, extreme offroad, speed offroad, adventure offroad dan touring offroad. Dengan menentukan jenis offroad apa yang ingin Anda lakukan. Maka Anda bisa mendapat gambaran medan seperti apa yang akan Anda lalui nanti. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan medan offroad dengan kemampuan mengendarai yang Anda miliki. Dan begitu pula dengan mobil yang akan Anda gunakan nanti. Pastikan mobil Anda telah menenuhi kriteria untuk kegiatan offroad.

  1. Menguasai Teknik Berkendara Offroad

Jika Anda terbiasa mengendai mobil di jalan beraspal (mulus), maka saat Anda memilih melakukan kegiatan offroad, jangan harap akan menemukan jalan yang mulus selama berkendaraan. Yah, namanya juga hobi otomotif yang menguji adrenalin. Jalanan yang berlubang, berbatu, berpasir, serta tanjakan dan turunan akan selalu menyertai perjalanan Anda. Maka dari itu, Anda harus bisa mengusai mobil yang akan Anda gunakan nanti.

berita otomotif

Penting juga Anda ketahui, bahwa beberapa track offroad tidak membutuhkan kecepatan untuk bisa dilalui. Misalnya saja saat Anda melalui track lintasan air (sungai). Untuk dapat melalui track seperti ini Anda harus mengemudi dengan pelan. Jangan lupa untuk tetap rileks dan jangan panik terhadap apa yang ada di depan Anda. Anda harus bisa berfikir cepat sementara tubuh Anda mengemudi mobil. Sebelum melalui lintasan air, sebelumnya Anda juga perlu mengecek seberapa dalam dan derasnya air sungai tersebut. Jika memungkinkan untuk dilalui, maka Anda bisa segera menyebrang.

  1. Sediakan Bahan Bakar Cadangan

Ini juga merupakan hal yang sangat penting bagi seorang offroader dan jangan sampai terlupakan. Sebagaimana yang diketahui bahwa track-track offroad berada pada lokasi yang jauh dari pemukiman. Pastinya tidak akan mungkin Anda temukan tempat pengisian bahan bakar di sana. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu membawa bahan bakar cadangan. Dan pastikan tanki bahan bakar mobil Anda sudah di isi penuh sebelum memulai perjalanan.

  1. Bergabung dengan Komunitas-Komunitas Offroad

Yang tak kalah penting saat Anda ingin terjun di offroad adalah bergabung dengan komunitas-komunitas offroad di kota Anda. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan teman yang sehobi dengan Anda. Lewat komunitas-komunitas seperti itu, Anda bisa sharing pengalaman, dan ikut dalam agenda offroad yang diselenggarakan oleh komunitas.

Biasanya teman di komunitas offroad juga punya rekomendasi track-track yang mungkin belum pernah Anda jajal. Jadi ini juga menjadi kesempatan bagus untuk Anda mencoba hal-hal baru yang lebih menguji adrenalin.

Oia, penting juga Anda ketahui, bahwa offroad baiknya tidak dilakukan sendirian. Minimal ada 1-2 offroader yang menyertai Anda. Hal ini bertujuan untuk keamanan Anda sendiri. Jadi ketika terjadi sesuatu dengan mobil atau diri Anda, ada rekan offroader lain yang siap membantu. Maka dari itu sesama offroader jangan pernah bersikap arogan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebagai seorang offroader pemula. Nah, untuk yang mau mendapatkan berita otomotif roda empat terupdate bisa kunjungi Artikel Garasi.id.

Leave a reply "4 Hal yang Harus Dipahami Sebelum Melakukan Offroad"