4 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Mengajukan Pinjaman Online

pinjaman online ojk

Kemajuan teknologi mendorong lahirnya berbagai inovasi yang mudahkan kehidupan kita. Kemajuan tersebut hampir terjadi di segala bidang, tak terkecuali dalam hal pinjaman modal usaha. Jika dahulu kala, kita harus mendatangi satu per satu lembaga-lembaga keuangan (pemberi pinjaman modal), kini hal itu bisa dilakukan lebih sederhana lagi, bahkan semudah menggenggam ponsel Anda.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan menggunakan aplikasi pinjaman online. Di Indonesia, beberapa tahun terakhir ini aplikasi fintech berkembang dengan pesat. Anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi fintech lewat appstore-nya Google. Contohnya saja aplikasi Tunaiku. Aplikasi pinjaman online OJK ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman modal usaha tanpa ribet. Sebab, aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2014 dan merupakan salah satu produk terbaik yang dimiliki oleh Amar Bank.

Lewat aplikasi Tunaiku, Anda dapat mengajukan kredit tanpa agunan dengan mudah, aman dan terpercaya. Data Anda juga akan disimpan dengan baik dan tidak mungkin untuk disebarluaskan. Anda yang membutuhkan modal untuk usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, pernikahan, kesehatan dan biaya-biaya tak terduga lainnya, dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan dan bisa langsung cair di hari yang sama. Namun untuk memperolehnya, tentu Anda harus lolos dari persyaratan administrasi yang sudah ditentukan. Untuk lebih jelasnya mengenai hal itu, silahkan langsung saja install aplikasi Tunaiku di appstore.

Kembali lagi membahas tentang aplikasi pinjaman online. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal berikut ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari;

  1. Terdaftar di OJK

Hal dasar yang harus menjadi pertimbangan Anda saat mengajukan pinjaman online tentu adalah memilih aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. Memang, dari sekian banyaknya perusahaan fintech, tidak semuanya terdaftar resmi di OJK. Berbeda halnya dengan aplikasi Tunaiku. Aplikasi ini berdiri di bawah naungan institusi finansial resmi berbentuk bank. Segala transaksi yang terjadi lewat aplikasi ini diawasi penuh oleh OJK, sehingga tidak ada lagi keraguan atas keamanan data nasabah. Jadi jangan ragu lagi untuk mengajukan pinjaman online di aplikasi Tunaiku.

  1. Menghitung Bunga & Cicilan

Mendapatkan pinjaman modal dengan mudah dan tanpa jaminan memang sangat menggiurkan. Namun, Anda juga tidak boleh kalap dan haruslah penuh perhitungan. Sebab, bunga KTA lebih tinggi dari jenis pinjaman lainnya. Anda harus sudah berfikir matang-matang tentang bunga dan besarnya cicilan yang harus Anda bayarkan. Pastikan pendapatan Anda cukup untuk membayar semuanya. Dan satu hal lagi, pilihlah aplikasi pinjaman online dengan bunga terendah, supaya tidak memberatkan Anda saat akan mencicilnya.

  1. Pahami Syarat & Ketentuan Pinjaman

Jika Anda sudah terbiasa malas untuk membaca syarat dan ketentuan, maka jika Anda sudah berurusan dengan pinjaman online, Anda tidak boleh lagi malas untuk membaca. Jangan sampai ada persyaratan dan ketentuan yang dapat merugikan Anda dikemudian hari. Baca dengan teliti poin to point dari ketentuan aplikasi pinjaman online.

Tak hanya itu, sebelum Anda mengajukan pinjaman pastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan dokumen untuk di upload di aplikasi tersebut. Biasanya, dokumen yang dibutuhkan tertera jelas di lembar persyaratan. Dokumen wajibnya antara lain KTP Elektronik dan Slip Gaji. Tanpa kedua dokumen ini, biasanya pengajuan Anda akan langsung ditolak. Sehingga Anda tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Baca Review Pengguna Aplikasi Sebelumnya

Untuk memantapkan pilihan Anda saat memilih aplikasi pinjaman online. Anda bisa membaca review yang diberikan pengguna sebelumnya di Appstore. Jika Anda menemukan banyak ulasan negatif, maka sebaiknya pertimbangkan kembali untuk menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu Anda bisa juga menemukan ulasannya di website atau blog. Biasanya mereka yang puas dengan layanan aplikasi pinjaman online tersebut akan berbagi pengalamannya kepada pengunjung. Dan itu bisa Anda jadikan referensi sebelum memutuskan.

Leave a reply "4 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Mengajukan Pinjaman Online"