4 Makanan Yang Dapat Menjaga Tetap Normal dan Stabilnya Gula Darah

build_links(); ?>
gula darah normal

 

Kamu pastinya sering mendengar sebuah penyakit yang bernama diabetes, dimana timbulnya penyakit ini dikarenakan oleh gula darah yang terlalu tinggi didalam tubuh seseorang. Ketika seseorang mengalami penyakit diabetes ini, maka dirinya harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya dan menjaga dengan ketat supaya tidak salah makan dan membuat semakin tingginya kadar gula darah didalam tubuh. Pastinya setiap makanan yang dikonsumsi dapat membantu menjaga tetap terkontrol dengan baiknya kadar gula darah.

Lalu makanan apa saja yang dapat membantu menjaga gula darah normal dan tetap stabil? Berikut dibawah ini makanan yang dapat membantu menjaga tetap normal dan stabilnya gula darah diantaranya yaitu :

  1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau memang sangat bergizi dan rendah kalori serta sangat rendah karbohidratnya juga mudah dicerna. Sayuran yang baik dan mengandung beberapa vitamin dan mineral termasuk vitamin C seperti bayam, kale, dan sayuran hijau lainnya. Adanya sebuah penelitian yang mengatakan dengan meningkatkan asupan vitamin C maka akan dapat mengurangi tanda tanda inflamasi dan kadar gula darah untuk orang dengan diabetes tipe 2 atau tekanan darah tinggi.

  1. Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah rempah lezat yang mengandung antioksidan yang kuat. Adanya beberapa penelitian yang mengatakan jika kayu manis ini dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Tetapi yang harus diingat adalah kamu harus membatasi asupan kayu manis cassia yang banyak ditemukan di sebagian besar toko kelontong. Pasalnya berisi coumarin yang akan berkaitan dengan masalah kesehatan pada dosis yang lebih tinggi.

  1. Telur

Tidak bisa dipungkiri jika telur dapat memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kamu. Dan bahkan telur ini merupakan salah satu makanan terbaik yang dapat membantu kamu untuk bisa kenyang lebih lama. Dengan mengkonsumsi telur secara teratur maka akan dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung dalam beberapa cara. Dengan mengkonsumsi telur juga dapat membantu menurunkan peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik” dan menurunkan kadar kolesterol LDL “jahat”.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan rempah rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dimana bahan aktif yang terkandung didalamnya dapat menurunkan tingkat peradangan dan gula darah, serta sekaligus dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Terlebih lagi kandungan curcumin yang ada didalam kunyit ini sangat bermanfaat untuk kesehatan ginjal bagi mereka penderita diabetes. Ini sangat penting karena diabetes merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penyakit ginjal.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang paling bergizi diantara jenis sayuran yang lainnya. Didalam setengah cangkir brokoli yang telah dimasak terkandung 27 kalori dan 3 gram karbohidrat yang dapat dicerna bersamaan dengan nutrisi penting lainnya seperti Vitamin C dan magnesium. Menurut sebuah penelitian pada penderita diabetes ditemukan jika brokoli dapat membantu untuk menurunkan kadar insulin dan melindungi sel dari radikal bebas berbahaya yang dihasilkan selama metabolisme. Terlebih lagi brokoli ini merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik. Antioksidan penting tersebut dapat membantu mencegah penyakit mata.

Mengendalikan kadar gula darah supaya tetap dalam batas normal sangatlah penting bagi mereka para penderita diabetes supaya bisa tetap hidup sehat. Jika tidak terkontrolnya kadar gula darah maka akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Leave a reply "4 Makanan Yang Dapat Menjaga Tetap Normal dan Stabilnya Gula Darah"