4 Skill Keuangan Agar Bisa Sukses dan Mandiri di Usia Muda

Pengusaha Muda
Di era millennial seperti hari ini, hampir semua anak muda ingin menjadi seorang entrepreneur. Tujuannya cuma tiga yaitu bisa sukses, mandiri dan bermanfaat untuk orang lain. Namun untuk mencapai kesuksesan di usia muda tidaklah mudah, bahkan cenderung sangat sulit, apalagi bagi mereka yang dilahirkan dalam keadaan finansial kurang bagus. Banyak orang berpendapat bahwa mayoritas pebisnis yang sukses di usia muda cenderung memiliki ‘bakat alamiah’. Benarkah itu? Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena selalu ada jalan agar bisa sukses dan mandiri di usia muda. Beberapa skill keuangan berikut ini bisa menjadi rujukan terbaik bagi kamu yang ingin sukses dan mandiri di usia muda.

1. Daftar Pemasukan dan Pengeluaran

Diantara sekian banyak kebiasaan yang menjadi ‘trademark’ pebisnis sukses yaitu gemar mencatat pemasukan dan pengeluaran. Jika kamu ingin sukses di usia muda, maka wajib hukumnya membeli buku catatan keuangan dan mengisinya dengan berbagai pemasukan dan pengeluaran finansial kamu. Hal ini tidak hanya membuatmu menjadi lebih disiplin, namun juga mampu membantu kamu untuk menganalisa berbagai kemungkinan-kemungkinan finansial di masa depan. Nah agar lebih terperinci, sebaiknya kamu tentukan jadwal tertentu untuk mencatat pemasukan dan pengeluan.

2. Utamakan Kebutuhan daripada Keinginan

Salah satu faktor mengapa banyak anak muda gagal meraih kesuksesan di usia muda yaitu karena lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Sebagai ilustrasi, kamu memiliki cicilan sepeda motor dan juga sewa tempat kos, namun karena teman-temanmu memiliki gadget paling ‘kekinian’, akhirnya kamu lebih memilih membeli gadget tersebut daripada membayar cicilan sepeda motor dan sewa kos. Akhirnya siapa yang dirugikan? Selain kamu sendiri, orang tuamu juga menjadi korban karena harus membayar beban lebih.

3. Hindari Hutang

Dewasa ini banyak sekali aplikasi yang menawarkan layanan untuk berhutang. Sebagai anak muda yang labil, tentunya hal itu sangat menggiurkan. Agar bisa sukses di usia muda, sebaiknya jangan pernah berhutang! Alasan pertama karena kamu masih muda dan belum memiliki penghasilan tetap, hutang dapat menjadi jebakan yang dapat menyebabkan kegagalan di masa muda. Kedua karena bunga yang ditetapkan biasanya lumayan tinggi, untuk membayar utang pokoknya saja lumayan berat, apalagi ditambah bunga.

4. Temukan Produk dengan Potongan Harga

Trik terbaik lainnya yang harus dilakukan semua anak muda agar bisa sukses di usia muda yaitu menemukan berbagai promo produk . Promo tidak hanya berbentuk diskon namun juga bebas ongkos kirim. Kamu bisa memanfaatkan promo Tokopedia gratis ongkir agar mampu menghemat uang bulanan kamu. Berbagi promo Tokopedia dapat mempermudah kamu menemukan barang yang diinginkan tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Leave a reply "4 Skill Keuangan Agar Bisa Sukses dan Mandiri di Usia Muda"