7 Jenis Makanan Penambah Darah yang Aman untuk Ibu Hamil

No comment 525 views

Wanita yang tengah hamil memang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dalam keadaan normal. Mengingat tak hanya diri Anda sendiri saja yang makan, melainkan juga janin yang ada dalam kandungan. Hanya saja tak memungkiri bahwa memasuki trimester pertama terkadang nafsu makan mulai berkurang, karena kondisi mereka yang sering kali mengalami mual dan muntah. Beberapa masalah kesehatan juga sering kali dialami oleh wanita hamil. Diantaranya adalah anemia atau kekurangan sel darah mereka, tentunya berbahaya bagi kandungan Anda. Untuk itu mulailah konsumsi beberapa jenis makanan penambah darah.

Makanan Penambah Darah

Hanya saja dengan catatan jenis makanan yang Anda konsumsi tersebut dijamin aman, mengingat tak bisa dipungkiri beberapa orang wanita hamil kurang begitu peduli dengan asupan nutrisi yang masuk. Ada beberapa diantaranya yang memang aman, namun banyak pula yang tak baik bagi kandungan mereka, konsumsi dengan alasan ngidam. Padahal sebenarnya makanan tersebut mengandung beberapa zat yang berbahaya bagi kandungan.

Untuk itulah sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja jenis makanan penambah darah yang aman bagi wanita hamil dan juga tidak. Untuk jenis-jenis yang amannya maka berikut ini ada beberapa pilihan untuk Anda, diantaranya adalah:

  1. Sayuran hijau, diantaranya adalah jenis bayam dan juga daun singkong. Makanan tersebut memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Ia bagus dalam pembentukan sel-sel darah merah yang baru, tak hanya bagi wanita yang tengah hamil saja, melainkan juga Anda yang memang memiliki masalah kesehatan anemia.
  2. Buah-buahan kering, termasuk diantaranya adalah kismis, aprikot dan juga plum, buah-buahan yang satu ini meskipun tak ditawarkan dalam kondisi yang segar, namun sebenarnya kandungan gizi sangatlah tinggi. Khususnya adalah vitamin C yang berfungsi dalam optimalkan penyerapan zat besi untuk pembentukan sel-sel darah merah yang baru.
  3. Daging merah dan hati, bahan makanan yang bisa dengan mudah di temukan di pasaran dengan rasa yang nikmat juga. Mereka membantu Anda dalam tingkatkan kadar darah merah. Namun dengan proses memasak yang benar juga, hindari memasak dengan digoreng karena justru kolesterol yang banyak Anda dapatkan darinya.
  4. Kacang-kacangan, jenis biji-bijian yang paling bagus untuk penderita anemia memang kacang, khususnya adalah kacang tanah, kedelai dan juga hijau. Semakin sering Anda mengkonsumsinya maka tinggi pula kandungan zat besi yang didapatkan oleh tubuh, manfaatnya sangat bagus untuk mengatasi anemia. Ibu hamil yang banyak konsumsi kacang-kacangan juga akan menyehatkan kulit buah hati mereka nantinya.
  5. Seafood, jenis seafood yang paling bagus untuk meningkatkan kadar sel-sel darah merah adalah kepiting dan juga udang. Selebihnya juga bagus, asalkan Anda konsumsi dalam keadaan yang matang. Hindari mengkonsumsi seafood mentah karena banyak bakteri berbahaya yang bisa merusak sel-sel janin Anda. Sehingga anak akan lahir cacat.
  6. Semangka, buah yang kaya dengan kandungan air ini adalah alternatif terbaik untuk dikonsumsi ketika cuaca panas. Ia mengandung zat-zat bermanfaat untuk membantu produksi sel-sel darah merah.
  7. Jeruk, kandungan vitamin C yang ada dalam buah ini sangatlah tinggi. Termasuk diantaranya adalah untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. kekurangan vitamin C kenyataannya juga rentan membuat Anda menderita anemia.

Semuanya aman dikonsumsi oleh wanita hamil. Makanan penambah darah tersebut bisa dengan murah dijumpai di pasaran, rasanya juga nikmat dengan beragam variasi pengolahan.

Leave a reply "7 Jenis Makanan Penambah Darah yang Aman untuk Ibu Hamil"