7 Langkah Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Terhindar dari Penyakit TBC

build_links(); ?>
Penyebab Sakit TBC

 

Batuk berdarah merupakan salah satu gejala awal dari penyakit TBC, jenis penyakit yang banyak mengintai masyarakat di negara berkembang seperti Indonesia. Penyakit yang satu ini pada umumnya menyerang bagian tubuh yaitu paru-paru, mungkin banyak diantara Anda yang sudah tak begitu asing dengan kondisi tersebut. Mengingat berdasarkan data yang didapatkan angka penderita TBC di Indonesia juga begitu tinggi. Sehingga pemerintah banyak menyetok obat untuk penyakit tersebut.

Namun jangan khawatir, karena pada dasarnya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah agar TBC tak sampai menjangkiti, diantaranya adalah:

  1. Melakukan vaksinasi, agaknya jenis penyakit yang satu ini memang sudah memiliki vaksin untuk mencegah bakteri menyerang manusia, diantaranya adalah vaksin BCG. Pemberian vaksin ini sendiri biasanya dilakukan sejak usia anak-anak.
  2. Pastikan kondisi lingkungan yang ada di sekitar Anda juga selalu bersih, hal lainnya yang harus Anda jaga adalah kebersihan lingkungan, bagaimanapun jika terlalu lama menghabiskan waktu di lingkungan yang kotor, maka bakteri penyebab sakit TBC akan dengan mudah menjangkiti. Untuk itu kondisikan rumah selalu dalam keadaan yang bersih.
  3. Mengkonsumsi makanan yang bergizi, konsumsi menu makanan yang sehat juga tak kalah penting. Bagaimanapun menu makanan yang sehat ini memiliki manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar nantinya tetap kuat. Jadi tak akan mudah terserang penyakit, termasuk diantaranya adalah TBC.
  4. Usahakan untuk rutin cuci tangan sebelum dan setelah melakukan sesuatu, cuci tangan memakai sabun adalah langkah terbaik dalam mencegah terjangkit penyakit berbahaya, hal ini mungkin sudah tak begitu asing lagi bagi Anda. Karena memang dengan cuci tangan bisa membunuh rantai persebaran penyakit, tangan ini adalah media utama yang dipakai untuk menularkan penyakit kepada manusia, melalui sentuhan dengan orang yang terserang atau benda-benda yang ada di sekitar. Jadi usahakan baik itu sebelum atau setelah melakukan sesuatu cucilah tangan Anda hingga bersih.
  5. Gunakan masker, jika Anda harus berada di luar rumah, apalagi dalam kondisi lingkungan yang kotor da juga berpolusi, amat sangat disarankan untuk memakai masker sebagai penutup mulut, ini adalah langkah terbaik untuk membuat udara yang masuk atau dihirup tetap terjaga kebersihannya, juga memungkinkan Anda untuk terhindar dari penyakit TBC.
  6. Olahraga dengan teratur, cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kemungkinan terserang jenis penyakit apapun adalah dengan rutin berolahraga, dengan olahraga tubuh memang lebih banyak digerakkan, artinya kalori yang terbakar juga lebih tinggi, memungkinkan bentuk tubuh tetap terjaga dengan baik, tak hanya itu olahraga ini membantu untuk meningkatkan sistem imun, sehingga bisa terhindar dari infeksi virus maupun bakteri.
  7. Selalu menjaga kondisi rumah tetap kering dan juga hangat, nyatanya bakteri penyebab TBC ini sendiri paling senang hidup di tempat-tempat yang lembab atau memiliki suhu udara dingin dibandingkan dengan yang kering dan hangat. Sebisa mungkin buka rumah di siang hari agar sinar matahari dapat masuk ke dalamnya.

Lebih baik lakukan langkah pencegahan sedini mungkin dibandingkan dengan harus mengobatinya, penyakit semacam ini adalah momok yang cukup menakutkan, meskipun ada obat yang bisa dipakai untuk penyembuhannya, kenyataannya penderita juga harus disiplin dalam mengkonsumsinya. Pengobatan ini juga berlangsung dalam jangka waktu yang lama secara konsisten jika ingin mendapatkan kesembuhan. Untuk itu lebih baik mencegah bukan.

Leave a reply "7 Langkah Mudah yang Bisa Dilakukan untuk Terhindar dari Penyakit TBC"