Apa itu Kredit Tanpa Agunan?

No comment 1825 views
build_links(); ?>

Kredit Tanpa Agunan Kredit Tanpa Agunan atau lebih dikenal dengan singkatan KTA, merupakan pinjaman tanpa jaminan. Ya, si pemohon kredit tidak perlu menyediakan agunan atau jaminan ketika dia melakukan pinjaman ke pihak bank. Jadi, dari mana bank bisa yakin dengan si peminjam? Mari kita bahas mengenai kriteria, syarat dan cara mengajukan serta proses persetujuan Kredit Tanpa Agunan.

Seluk-beluk Kredit Tanpa Agunan

Anda yang ingin mengajukan permohonan kredit tanpa memberi jaminan harus memenuhi kriteria berikut ini:

  1. Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia.
  2. Usia minimal 21 tahun hingga 55 tahun ketika pelunasan kredit.
  3. Berpenghasilan tetap sebagai karyawan, profesional ataupun wiraswasta yang berbadan hukum.

Melihat beberapa kriteria di atas, sebenarnya status pekerjaan Andalah yang menjadi salah satu faktor penentu apakah permohonan kredit Anda diterima atau tidak. Status pekerjaan tersebut menjadi semacam jaminan bagi pihak bank. Bagaimana pihak bank diyakinkan? Ya, Anda harus menyediakan beberapa dokumen penting terkait pengajuan kredit yakni di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fotokopi Kartu Identitas seperti KTP / Paspor, Kartu Keluarga dan sebagainya.
  2. Fotokopi rekening koran / tabungan 3 bulan terakhir sebagai riwayat keuangan Anda.
  3. Fotokopi NPWP.
  4. Bagi Anda yang berstatus karyawan maka harus melampirkan slip gaji dan surat keterangan bekerja dari perusahaan.
  5. Bagi Anda yang berstatus profesional misalnya dokter ataupun notaris maka harus melampirkan Surat Izin Profesi / Surat Izin Praktik.
  6. Sementara itu bagi Anda yang berstatus sebagai pengusaha (wiraswasta) wajib melampirkan Akta Pendirian Perusahaan dan perubahannya dan dokumen-dokumen terkait lainnya.

Berdasarkan poin-poin di atas, dokumen yang dilampirkan adalah berdasarkan status pekerjaan Anda. Jadi, Anda bisa melampirkan dokumen-dokumen yang diminta oleh pihak bank agar disetujui.

Sebagai informasi, Kredit Tanpa Agunan sendiri tidak hanya digunakan bagi kebutuhan produktif seperti modal usaha dan sebagainya. Justru, kebanyakan tujuan penggunaan KTA adalah untuk kebutuhan konsumtif seperti biaya pendidikan, kesehatan, membangun rumah atau renovasi, biaya pernikahan dan sebagainya. Sekarang, Anda sudah mulai mengerti tentang Kredit Tanpa Agunan, bukan?

Leave a reply "Apa itu Kredit Tanpa Agunan?"