Bagaimana Cara Membuat Lampu Tidur Unik dari Kardus

No comment 2640 views
build_links(); ?>

Banyak orang yang menyukai tidur dengan lampu nyala yang terang, terutama orang Indonesia. Hal ini tidak dapat dipungkiri, karena banyak orang yang takut kegelapan. Beberapa orang mungkin merasa aman dengan menyalakan lampu saat tidur. Namun beberapa study mengatakan bahwa tidur dengan lampu terang tidak baik bagi kesehatan. Oleh karenanya, banyak orang yang menggunakan lampu tidur agar saat tidur cahaya tidak terlalu terang atau terlalu gelap.

Membuat Lampu Tidur Unik dari Kardus Ada fakta yang mengemukakan mengenai tidur dengan lampu, yaitu, lampu terang memberi dampak buruk terhadap hormon melatonin. Paparan cahaya langsung saat tidur akan menurunkan kemampuan tubuh dalam mengatur suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar glukosa. Tetapi sebaliknya, cahaya tidak langsung mengenai manusia dari lampu redup atau justru dapat membantu mengurangi insomnia pada seseorang, menjaga tekanan darah agar tetap normal, dan menurunkan diabetes.

Lampu tidur terkadang identik dengan ruangan yang mewah dan berharga mahal. Membeli lampu dengan bentuk unik mungkin harganya akan lebih mahal daripada yang biasa. Oleh karenanya, jika para orang tua ingin memasang lampu redup ini di kamar anak, hendaknya tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara membuat lampu untuk tidur menggunakan barang bekas, salah satunya adalah dengan kardus bekas.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kardus bekas (kardus mie, kardus snack, dll). Pilihlah yang bahannya tidak terlalu tebal agar mudah di lubangi memakai cutter,
  • Lem double tape ukuran ½ cm,
  • Lem uhu,
  • Cutter,
  • Gunting,
  • Pensil,
  • Obeng,
  • Penggaris,
  • Kayu,
  • Bohlam lampu yang memiliki watt rendah, seperti LED,
  • Fitting lampu,
  • Kabel secukupnya.

Cara membuat lampu tidur unik dari kardus:

  1. Lubangi kardus bagian atas berbentuk lingkaran, dan bagian bawah kardus berbentuk persegi.
  2. Lalu gambarlah menggunakan pensil beberapa pola seperti pohon atau kucing di sisi samping kardus, atau ke-empat sisi kardus juga boleh.
  3. Kemudian lubangi pola-pola yang sudah digambar tadi menggunakan cutter dan gunting. Usahakan untuk memotongnya dengan rapi. Tujuannya agar jika lampu dinyalakan, akan tampak gambar cantik yang tersorot oleh cahaya lampu.
  4. Selanjutnya, tutuplah pola pada kardus yang telah di lubangi tadi menggunakan kertas hvs, yang di tempel dari dalam kardus.
  5. Rekatkan kertas dengan double tape, jika kurang kuat, gunakan lem.
  6. Kemudian buat alas dengan kayu yang dipotong 15 x 10 cm dan kayu kecil untuk kaki kiri dan kanan. Jangan lupa tambahkan lubang kecil di tengah untuk kabel.
  7. Pasanglah fitting di tengah kayu dengan mur, lalu pasang bohlam lampu.
  8. Terakhir, pasang kardus tadi diatas papan dengan lampu.

Inilah lampu tidur yang dibuat menggunakan kardus bekas. Selain ekonomis, lampu ini juga baik bagi kesehatan.

Leave a reply "Bagaimana Cara Membuat Lampu Tidur Unik dari Kardus"