Banjir, Awas dengan Stop Kontak Listrik Anda

No comment 1289 views
build_links(); ?>

Stop Kontak Listrik Banjir merupakan bagian dari bencana alam dimana kondisi genangan air hujan melebihi daratan yang di pijak. Kondisi demikian ini menjadi salah satu fenomena yang seringkali terjadi saat musim penghujan tiba. Terlebih dataran rendah yang merupakan salah satu area wajib dengan tamu berupa genangan air kotor. Dalam kondisi demikian ini terdapat banyak hal yang harus diperhatikan dan dijaga demi keselamatan diri dan lainnya. Stop kontak listrik adalah salah satu komponen yang perlu diawasi agar nantinya tak memicu adanya hal-hal yang tak diinginkan.

Pada umumnya, saat situasi sedang banjir secara otomatis listrik dipadamkan dari pusat agar nantinya tak menimbulkan bahaya. Meskipun begitu, tetaplah perlu diimbangi oleh tindakan sadar dini atas kotak listrik di dalam rumah. Seperti pada tindak lanjut berikut ini:

  • Lepaskan semua peralatan rumah yang terhubung pada kotak listrik.
  • Pastikan kondisi kotak listrik benar-benar kering sebelum digunakan, begitu pula dengan bagian perabotan bersangkutan untuk diaktifkan.
  • Pastikan sekitar benar-benar dalam keadaan kering dan tidak lembab ataupun basah.
  • Cek dan teliti jalur kabel pada kotak listrik tersebut bilamana terjadi kerusakan.
  • Berikan perlindungan yang tepat pada kabel listrik yang tertuju pada kotak itu agar nantinya tak menjadikan kabel tersebut cidera.
  • Simpan baik-baik pula kotak listrik yang berkabel panjang dengan sifat fleksibel itu.

Berhati-hati dengan penggunaan kotak listrik sangatlah penting dan tak sekedar di kala hujan ataupun banjir semata. Tindakan selektif ini pun dapat ditujukan untuk pilih memilih kotak listrik sebelum diaplikasikan. Tips-tips memilih perangkat listrik ini antaranya ialah:

  • Prioritaskan pada stop kontak permanen untuk di dalam ruang.
  • Pilih lubang dari kotak listrik sesuai kebutuhan.
  • Pastikan bahwa bentuk kontak listrik tersebut mendukung kenyamanan, seperti pada kotak kecil, kotak besar dan lainnya.
  • Pastikan bahwa stop kontak listrik tersebut berstandar SNI.
  • Pilih kota yang pemasangannya mudah.

Sangat penting atas adanya pemeliharaan kotak listrik dengan benar, dan tak hanya di kala musim banjir semata tetapi juga kapan saja. Secara pastinya perihal demikian ini wajib ketahui, terutama saat pemasangan yang memang harus selektif. Terdapat beberapa hal yang dapat diperhatikan sebelum sekaligus saat memasang perangkat listrik ini. Adapun perihal bersangkutan antara lain ialah:

  • Pasang kontak dengan posisi yang aman seperti dari jangkauan anak-anak.
  • Pastikan bahwa kabel-kabel pada kotak tersebut terlindungi dengan baik, terutama dengan komponen pelindung yang kokoh agar tak mudah rusak ataupun dirusak.
  • Posisikan dengan area yang mudah untuk dijangkau seperti berdekatan dengan sakelar.
  • Pilih daya kontak yang sesuai dengan perabotan yang ada, karena tiap-tiap stop kontak memiliki daya tegangan yang tak sama.

Selain pada stop kontak yang bertipe permanen, kotak portable pun seringkali dimanfaatkan dalam menjadi penghubung antara arus listrik yang ada. Jenis kotak listrik demikian ini dilengkapi oleh kabel yang panjangnya relative dan nantinya dapat disambungkan dari satu titik ke lokasi lainnya. Pada umumnya tipe stop kontak yang demikian ini pada keadaan tertentu saja, terutama saat peralatan bertenaga listrik tak memungkinkan untuk dijangkau dengan kotak listrik pertama. Jadinya diperlukan kotak listrik portable ini.

Antara satu stop kontak listrik dan lainnya memang perlu sama-sama dijaga agar tak beresiko, entah itu saat sedang hujan maupun tidak. Terlebih pada keadaan cuaca yang tak menentu dan di setiap saat kotak listrik memang harus dijaga. Tak hanya dari diri pribadi, tetapi Anda bisa mengajarkan pada sang buah hati maupun famili agar menggunakan stop kontak dengan baik dan berhati-hai, entah itu pada tipe permanen maupun portable.

Leave a reply "Banjir, Awas dengan Stop Kontak Listrik Anda"