Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Kita Sadari

build_links(); ?>
Manfaat Daun Salam

 

Daun salam mempunyai aroma khas yang kerap digunakan untuk bahan bumbu masakan. Biasanya, daun salam ini sering kita jumpai pada berbagai hidangan seperti nasi kuning, opor, rendang, dan lain sebagainya. Namun dibalik semua itu, ternyata daun salam memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh kita lho. Seperti apa sajakah manfaat daun salam? Nah, biar kalian tidak penasaran, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

  1. Bisa Membantu Dalam Mengobati Gangguan Pernafasan

Berdasarkan dari hasil penelitian, ekstrak daun salam yang dicampurkan dengan salep itu cukup efektif dalam mengobati gangguan pernafasan lho. Cara penggunaannya pun sangat mudah, dimana ramuan tersebut hanya perlu anda tempelkan pada bagian dada. Selain dengan cara tersebut, anda juga dapat menumbuk daun salamnya sampai lembut, kemudian oleskan pada aera dada.

Menghirup aroma dari daun salam mempunyai efek yang hampir mirip dengan aromaterapi, serta dapat mencairkan dahak dan menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terpendam di dalam saluran pernafasan. Pada intinya, daun salam ini memiliki fungsi sebagai antibakteri alami yang dapat memperbaiki gangguan pernafasan.

  1. Mampu Mencegah Kanker

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa kanker merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang sangat ditakuti oleh semua orang. Daun salam ini memiliki kombinasi yang unik seperti antioksidan, senyawa organic, katekin, fitonutrien, parthenolide, dan linalool, yang berperan sebagai pelindung tubuh dari serangan radikal bebas. Nah, radikal bebas tersebutlah yang menyebabkan sel-sel sehat dalam tubuh bisa bermutasi menjadi sel kanker lho! Dengan zat kombinasi yang dimiliki daun salam, tentu saja hal tersebut dapat mencegah penyakit kanker.

  1. Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Sama halnya dengan penyakit kanker, jantung juga merupakan jenis penyakit mematikan yang sangat ditakuti oleh semua orang. Bahkan, penyakit jantung ini jauh lebih berbahaya ketimbang penyakit kanker. Pasalnya, penyakit jantung tidak menimbulkan gejala atau ciri-ciri, yang bisa menyerang secara mendadak.  Itu sebabnya, mengapa penyakit yang satu ini dijuluki dengan nama “silent killer”.

Namun kabar baiknya, daun salam memiliki senyawa rutin dan asam caffeic yang bisa meguatkan dinding jantung serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nah, kadar kolesterol yang terlalu tinggi inilah yang menjadi penyebab dari resiko penyakit jantung.

  1. Dapat Mengobati Ginjal

Ini dia salah satu manfaat yang membuat para peneliti terkemuka tertakjub-takjub pada daun salam. Ya, berdasarkan dari hasil penelitian, daun salam dapat membantu dalam mengurangi tingkat urease (enzim yang mengakatalisis dan karbondioksida) dalam tubuh. Apabila dalam tubuh kita terdapat banyak urease, tentu saja kondisi tersebut bisa menyebabkan perkembangan batu ginjal dan masalah lambung lainnya.

  1. Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat berikutnya dari daun salam untuk kesehatan tubuh yang jarang kita sadari, yakni dapat memperepat proses penyembuhan luka. Hal itu dikarenakan daun salam memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Lalu, bagaimanakah cara menggunakan daun salamnya? Siapkan beberapa lembar daun salam, cuci sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Oleskan daun salam terebut pada luka maupun bekas lukanya, dan diamkan semalaman. Dengan begitu, maka luka-luka pada tubuh anda akan cepat sembuh.

Itulah beberapa manfaat dari daun salam untuk kesehatan tubuh yang jarang kita sadari. Setelah mengetahui manfaat dari daun salam tersebut, apakah saat ini kamu tertarik untuk mencobanya?

Leave a reply "Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Yang Jarang Kita Sadari"