Beberapa Penyebab Usus Buntu Yang Bisa Kita Waspadai

No comment 133 views

penyebab usus buntu

Apendisitis atau yang dikenal dengan usus buntu merupakan suatu kondisi pada usus mengalami peradangan sehingga membutuhkan langkah operasi sebagai salah satu cara untuk penyembuhannya. Dan usus buntu bisa menyerang siapa saja baik anak-anak hingga dewasa, dan umumnya penyakit usus buntu ini sering menyerang tubuh pada usia 10 sampai 30 tahun. Usus buntu merupakan kondisi dimana usus buntu mengalami peradangan, dan jika usus sudah meradang maka diperlukan tindakan seperti operasi untuk mengangkat usus tersebut dan harus segera dilakukan, dimana jika tidak cepat ditangani maka radang ini akan pecah hingga bisa meracuni organ-organ lain diperut dan juga bakteri yang menyebabkan peradangan akan menimbulkan luka di rongga perut. Berikut ini beberapa penyebab usus buntu.

  1. Akumulasi Feses

Akumulasi feses merupakan salah satu penyebab usus buntu. Akumulasi sama halnya dengan infeksi saluran pencernaan, karena apendiks yang terakumulasi bisa membuat penumpukan feses sehingga jika ini terjadi bisa menjadi penyebab munculnya usus buntu. Oleh sebab itu jika kalian suah merasan adanya gejala ini mungkin kalian harus cepat memeriksanya sehingga cepat untuk diatasi.

  1. Infeksi Saluran Cerna

Untuk berikutya terjadinya infeksi saluran cerna, dimana adanya infeksi saluran cerna yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau cacing enterobius vermicularis yang sudah menyebar ke apendiks ini. Sehingga jika ini terjadi akan menyebabkan masalah yang cukup serius seperti akan timbul penyakit usus buntu yang berupa terjadinya penyumbatan atau infeksi pada usus.

  1. Cidera Pada Perut

Jika kalian mengalami cidera atau trauma yang terjadi di bagian sekitar perut, ini juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya usus buntu. Dan cedera pada perut ini disebabkan oleh olah raga yang salah, setelah operasi ceasar hingga penyebab yang lainnya. Sehingga ini bisa menyebabkan infeksi pada bagian jaringan dinding usus buntu atau pada bagian tubuh lainnya. Dengan mengalami cedera akan mengakibatkan rasa sakit yang parah sehingga membuat trauma pada perut kalian.

  1. Polusi Udara

Mungkin tidak bisa kita pikirkan polusi udara bisa menjadi salah satu penyebab usus buntu, ternya ini benar adanya pasala ada sebuah penelitian yang dimuat dalam Enviromental Helat Perspectives telah mengungkapkan bahwa polusi udara dan ozon yang merupakan hasil dari kegiatan menusia sehari-sehari dapat meningkatkan resiko orang terkenan penyakit usus buntu. Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang memiliki pemikiran bisa menjaga alam yang kita singgahi ini setidaknya bisa mengurangi timbulnya polusi dari aktivitas kta.

  1. Makanan

Makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab usus buntu, karena ada beerapa faktor makan yang bisa menimbulkan penyakit usus buntu seperti kalian terlalu sering mengkonsumsi makan pedas, penumpukan makanan yang tidak hancur saat dikunyah dan makanan yang rendah akan serat. Dan beberapa makanan yang sering menjadi masalah ini seperti makanan instan, gorengan, makanan yang dibakar langsung, makanan yang terlalu asin, makanan pedas seperti cabai, makanan yang rendah sera hingga biji-bjian seperti buah jambu batu. Seperti contoh tadi makanan isntan seperti memakan mie instan yang terlalu sering, karena mie instan ini akan sangat lama dicerna oleh tubuh sehingga bisa membuat penumpukan makanan, dan makanan pedas mungkin juga jarang terjadi akan tetapi bisa saja lidah dan mulut anda kuat tetapi belum tentu perut anda itu bisa menerima pedasnya.

Leave a reply "Beberapa Penyebab Usus Buntu Yang Bisa Kita Waspadai"