Begini Cara Memandikan Bayi yang Benar Untuk Pemula

No comment 794 views

Memandikan bayi memang bukan perkara yang mudah terlebih untuk seorang wanita yang baru pertama kali memiliki bayi, tentunya masih butuh banyak belajar dan bimbingan dari orang tua yang sudah lebih berpengalaman dalam urusan memandikan bayi. Cara memandikan bayi yang benar juga harus dipelajari oleh seorang Ibu muda, sebab ia tak bisa selalu bergantung pada orang tuanya, karena tanggung jawab untuk memandikan bayi adalah sepenuhnya pada sang Ibu.

Cara Memandikan Bayi yang Benar Mandi merupakan hal yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Tak hanya orang dewasa, bayi pun juga sangat menyukai kegiatan yang satu ini. Bayi yang dimandikan dengan cara yang benar biasanya tidak akan menangis, justru ia cenderung menampilkan wajah yang gembira. Anda bisa merasakan perbedaan itu ketika Anda memandikan bayi Anda. Itu pasti dapat terjadi bila cara memandikan bayi yang benar sudah Anda terapkan, dan pastinya hal ini juga tidak serta merta dapat dilakukan bagi seorang pemula (ibu muda) yang baru pertama kali memandikan bayinya.

Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan baiknya kegiatan memandikan bayi oleh seorang pemula harus didampingi orang yang lebih berpengalaman. Nah, agar memudahkan Anda berikut ini akan kami bagikan tentang bagaimana cara memandikan bayi yang benar untuk seorang pemula:

  1. Sebelum kegiatan mandi dimulai, pastikan Anda telah mempersiapkan peralatan mandi bayi Anda, mulai dari bak mandi, handuk, kapas, washlap, sabun, shampo bayi, baby oil dan sebagainya.
  2. Siapkan air untuk mandi bayi Anda. Gunakan air hangat yang telah Anda cek terlebih dahulu tingkat kehangatannya. Caranya sangat mudah, campur air biasa dengan sedikit air penas, lalu cek dengan mencelupkan bagian siku Anda, jika Anda merasakan air cukup hangat, barulah air tersebut bisa digunakan untuk mandi bayi Anda. Selain itu Anda juga bisa menggunakan termometer air dengan ketentuan suhu idela 36-37 derajat celcius. Dan yang perlu Anda ketahui, memandikan bayi dengan air hangat penting dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan juga menjaga suhu tubuh bayi Anda agar tetap hangat.
  3. Gunakan sabun mandi bayi yang tidak mengandung atau sedikit busa. Busa berasal dari deterjent sehingga tidak boleh digunakan untuk bayi. Yang tepatnya adalah dengan menggunakan sabun khusus bayi yang bebas dari deterjent dan mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk melembutkan kulit.
  4. Sebelum mulai memandikan bayi, siapkan terlebih dahulu handuk di pangkuan Anda. Basahi sedikit tubuhnya mulai dari telapak kaki, paha, badan hingga kepala dengan sedikit air mandinya. Tujuannya agar bayi tidak terkejut saat akan dimandikan. Selanjutnya bersihkan bagian muka yang terdiri dari mata, mulut, hidung dan juga bagian belakang telinganya. Gunakan kapas atau washlap yang lembut untuk membersihkan.
  5. Selanjutnya basuh bagian kepala, wajah, leher, dada, lengan dan punggung bayi. Jangan lupa untuk membersihkan pula bagian lipatan kulit leher, ketiak, dan paha, karena bagian ini dapat menyimpan kotoran maupun bekas makanannya. Selanjutnya sabunin bagian kepada dan badan bayi dengan sabun khusus untuk bayi. Dan jangan lupa keramasi rambut bayi Anda dengan cara memegang bagian kepalanya diatas bak mandi.
  6. Selanjutnya lepaskan handuk, letakkan sementara tangan Anda dibawah pundak bayi dan satu tangan lagi berada dibagian pantat. Posisikan kembali bayi di atas bak mandi, lalu topang lehernya sedikti keatas dan sirami secara perlahan dan hati-hati dengan air mandinya. Jika sudah bersih dari sabun/shampo, angkat dan bungkus dengan handuk.
  7. Keringkan badan bayi dengan cara menepuk-nepuk lembut tubuhnya dengan handuk. Lalu bungkus kembali dengan handuk, sambil memakaikan popok dan pakaian bayi.

Demikian cara memandikan bayi yang benar ini kami sampaikan. Dengan perlakukan yang benar, bayi Anda akan lebih ceria saat Anda mandikan. Dan jangan bosan untuk bertanya pada orang tua Anda, tentang tips-tips lain dalam merawat bayi Anda, sehingga kelak Anda dapat menjadi orang tua yang menyenangkan bagi anak-anak Anda.

Leave a reply "Begini Cara Memandikan Bayi yang Benar Untuk Pemula"