Begini Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu

No comment 295 views
build_links(); ?>
Cara Menghilangkan Bau Ketiak

 

Banyak orang yang punya masalah dengan bau badan, khususnya bau ketiak. Berbagai cara menghilangkan bau ketiak terkadang sudah dilakukan, namun hasil tetap sama saja. Bau ketiak tetap saja muncul dan tentunya sangat mengganggu sekali hingga dapat menurunkan rasa percaya diri. Perlu diketahui jika bau ketiak muncul dikarenakan aktifitas bakteri yang bercampur dengan protein keratin pada permukaan kulit. Protein ini memang paling banyak terdapat di bagian ketiak, sehingga saat bercampur dengan keringat, menimbulkan aroma yang tidak sedap serta menyengat.

Masalah bau ketiak, sebenarnya dapat terjadi pada siapapun. Mulai dari remaja, dewasa, pria dan wanita memiliki peluang yang sama untuk mengalami hal tidak menyenangkan seperti ini. Bila tidak segera diatasi, bau ketiak dalam membuat perasaan menjadi tidak nyaman. Karena aroma yang dihasilkan, sungguh akan membuat orang lain juga akan terganggung. Nah, bagi Anda yang bermasalah dengan bau ketiak, sebenarnya ada cara untuk mengatasinya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

  1. Menjaga kebersihan tubuh

Cara paling utama untuk mencegah timbulnya bau ketiak adalah dengan selalu menjaga kebersihan tubuh. Mandi dua kali dalam sehari, sebenarnya sudah cukup untuk membuat tubuh bersih dan terhindar masalah bau ketiak. Saat mandi, gunakan selalu sabun anti-bakteri yang mampu mengangkat bakteri dari kulit teruma pada bagian ketiak. Sebab mandi dengan sabun, bisa mengurangi jumlah bakteri penyebab masalah bau ketiak.

  1. Mengeringkan badan dengan benar

Faktor lain yang menjadi menyebab bau ketiak adalah karena kondisi ketiak yang tidak kering dengan sempurna usai mandi. Bila Anda sangat rentan dengan masalah ini, maka sebaiknya saat akan mengeringkan tubuh, maka pastikan semua bagian tubuh termasuk di bagian lipatan ketiak sudah benar-benar kering sempurna. Jangan sampai ada satu bagian pun yang basah atau lembab. Sebab, dalam kondisi basah/lembab, bakteri akan lebih mudah berkembang dan akhirnya memicu bau ketiak.

  1. Gunakan pakaian yang bersih

Menggunakan pakaian yang bersih dan bebas dari keringat juga sangat penting dilakukan untuk mencegah timbulnya bau ketiak. Terkadang, walaupun tubuh sudah bersih (mandi) namun karena pakaian yang digunakan sudah sempat bercampur keringat. Alhasil bakteri yang ada di pakaian juga akan ikut pindah ke ketiak Anda. Sebaiknya pisahkan pakaian yang akan Anda gunakan sehari-hari, pakaian kerja, dengan pakaian olahraga. Dengan begitu, perpindahaan bakteri akan lebih bisa dicegah.

  1. Rajin mengonsumsi air putih

Meskipun sering dianggap remeh, ternyata rajin meminum air putih juga bermanfaat luar biasa untuk menekan munculnya bau ketiak. Air putih dapat membantu proses berkeringat. Bila air putih yang Anda minum cukup, maka proses berkeringat juga akan lancar. Keringat akan membawa serta bakteri yang ada di tubuh melalui pori-pori tubuh. Sehingga tidak menyebabkan penumpukan bakteri pada suatu tempat di tubuh. Namun setelah itu, sebaiknya Anda juga segera mengganti pakaian bila sudah terasa basah. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari resiko bau ketiak. Minum air putih sebaiknya dilakukan minimal 8 gelas per hari, jadi pastikan air yang minum sudah tercukupi dengan baik.

  1. Menggunakan deodoran

Cara lain menghilangkan bau ketiak adalah dengan penggunaan deodoran. Deodoran memang sangat efektif untuk menghilangkan bau ketiak. Pada deodoran terkandung senyawa aktif untuk membutuh bakteri penyebab bau ketiak. Selain itu, penggunaan deodoran juga bisa membuat ketiak selalu kering. Namun pastikan bahwa deodoran yang Anda gunakan mengandung bahan-bahan alami sehingga tidak menimbulkan iritasi saat digunakan.

Leave a reply "Begini Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu"