Berikut Beberapa Alokasi Dana Pada Keuangan Keluarga Muda

No comment 173 views
build_links(); ?>
Keuangan Keluarga Muda

 

Keuangan keluarga adalah hal yang penting untuk diperhatikan dan direncanakan dengan baik sehingga dapat membuat hubungan keluarga juga tidak bermasalah. Karena tidak dipungkiri apabila masalah keuangan juga akan berdampak pada keharmonisan hubungan di dalam keluarga. Ketika keluarga tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan dasar maka akan membuat keluarga menjadi rentan terhadap konflik. Oleh karena itulah penting untuk menyusun rencana keuangan agar membuat keuangan tetap stabil. Rencana keuangan keluarga tersebut penting disusun terutama ketika masih membina rumah tangga yaitu untuk keluarga muda. Dimana keuangan keluarga muda tidak mempunyai banyak kebutuhan seperti pada keluarga yang telah mempunyai anak. Adapun untuk beberapa alokasi dana yang biasanya diperlukan untuk keluarga muda adalah sebagai berikut ini:

1. Membayar cicilan

Alokasi dana pertama yang dibutuhkan pada keuangan keluarga yang masih baru adalah untuk membayar cicilan. Hal ini merupakan alokasi dana paling umum karena keluarga muda biasanya akan mengambil cicilan. Misalnya saja jenis cicilan yang diambil adalah cicilan untuk rumah dan juga kendaraan. Sehingga penghasilan yang dipunyai pada umumnya akan digunakan untuk membayar cicilan tersebut. Tetapi hal penting yang digunakan ketika mengambil cicilan tersebut adalah memilih besarnya angsuran yang disesuaikan dengan keuangan Anda. Sehingga penghasilan yang dipunyai tidak hanya habis untuk membayar cicilan tetapi juga untuk berbagai kebutuhan lainnya.

2. Memenuhi kebutuhan

Alokasi dana selanjutnya yang penting untuk dipenuhi bagi keuangan pada keluarga muda adalah untuk memenuhi kebutuhan. Sehingga selain dapat membayar cicilan, Anda juga tetap dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Misalnya saja beberapa kebutuhan tersebut adalah untuk belanja bulanan yang digunakan untuk membeli bahan makanan, pakaian, transportasi, dan juga membayar berbagai tagihan yang dipunyai. Kebutuhan ini merupakan hal dasar yang harus dipenuhi oleh keuangan keluarga sehingga tidak boleh diabaikan dan bisa menjadi tolak ukur untuk keuangan keluarga masih sehat atau tidak.

3. Dana darurat

Hal lainnya yang bisa dialokasikan atau dipenuhi untuk dana keluarga muda adalah untuk dana darurat. Dana ini digunakan sebagai dana cadangan yang biasanya akan sangat bermanfaat untuk berbagai hal. Dana darurat ini bisa digunakan untuk menghindari hutang karena Anda telah mempersiapkan diri untuk berbagai kebutuhan mendadak dan sifatnya darurat. Dana darurat ini bisa dipenuhi dengan beberapa cara seperti misalnya dengan menabung atau menyimpan dana dengan cara lainnya yang bisa diambil setiap waktu ketika sedang dibutuhkan.

4. Investasi

Di dalam anggaran keuangan keluarga yang masih baru juga penting untuk mempunyai dana yang dialokasikan untuk investasi. Dimana investasi akan sangat baik untuk perencanaan keuangan keluarga terutama untuk jangka panjang. Investasi yang bisa diambil oleh keluarga juga ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari investasi dengan membeli saham atau reksadana yang akan memberikan keuntungan. Atau juga investasi yang lebih aman seperti misalnya asuransi atau deposito.

Berbagai hal di atas merupakan beberapa dana yang bisa digunakan untuk membuat keuangan keluarga muda tetap stabil. Tidak hanya dalam jangka pendek tetapi juga untuk jangka panjang sehingga akan berguna untuk keuangan keluarga kedepannya. Seperti misalnya dana darurat dan investasi akan sangat baik digunakan sebagai rencana keuangan untuk keluarga dalam jangka panjang. Sehingga keluarga tetap mempunyai keuangan yang sehat dan bisa terhindar dari berbagai masalah keuangan seperti misalnya hutang yang menumpuk dan tidak bisa dibayarkan.

Leave a reply "Berikut Beberapa Alokasi Dana Pada Keuangan Keluarga Muda"