Bertahan di Ritel, atau Mencari Peluang Baru di Dunia Digital?

Pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahun pertama, hampir merubah seluruh tatanan perekonomian masyarakat. Mereka yang dahulu meraup banyak untung dari usaha ritel, kini harus menghela nafas panjang hanya untuk menjual satu atau dua barang saja. Yah, ini memang kondisi yang wajar, mengingat kebiasaan orang yang turut berubah sejak pandemi melanda. Biasanya untuk membeli sesuatu barang, orang akan lebih tertarik untuk membelinya secara langsung di toko ritel. Namun dengan alasan keamanan atau takut terpapar virus, orang mulai beralih dari toko ritel ke marketplace yang menyediakan segala barang kebutuhannya tanpa harus bersentuh tangan.

Peluang Usaha Online di Tahun 2021Images: Sirclo.com

Namun di luar perkiraan, kebiasaan baru dalam berbelanja ini ternyata berlangsung lama dan tidak tahu kapan berakhirnya. Mungkin saja orang sudah terikat nyaman dengan kemudahan yang ditawarkan, sehingga akan semakin sulit untuk menarik orang kembali berbelanja di toko ritel. Kalau sudah begini apa mungkin terus bertahan dengan ritel?

Peluang Usaha Online di Tahun 2021

Pada akhirnya, setiap usaha itu harus menghasilkan ‘cuan’.  Nah, jika tidak ada pembeli yang datang ke toko ritel bagaimana Anda akan mendapatkan banyak ‘cuan’. Jika kondisinya sudah begini, maka mau atau tidak mau Anda harus mencari peluang baru di dunia digital. Anda harus mengonlinekan usaha ritel Anda untuk dapat terus bertahan dan mendapatkan penjualan. Atau jika memang tidak memungkinkan lagi, maka sudah waktunya Anda mencoba menjalani usaha baru yang lebih menjanjikan di tahun 2021 ini.

Nah, bagi Anda yang ingin bangkit dan membuat usaha baru, berikut ini beberapa ide usaha online yang marak dengan pembeli;

1. Usaha Makanan

Peluang Usaha Online di Tahun 2021Images: Katadata.co.id

Ditengah pandemi ataupun tidak, usaha makanan memang masih laris manis di serbu oleh pembeli. Hanya saja ada perubahan besar dari kebiasaan orang dalam membeli makanan yang mestinya harus Anda sesuaikan. Biarpun usaha makanan masih cukup eksis di ritel, namun Anda juga harus mempersiapkan usaha makanan yang bisa dipesan orang secara online lewat sebuah aplikasi. Yah, usaha ala-ala ‘food delivery’ itu memang sudah selayaknya Anda masuki. Sebab tingkat penjualan yang berasal dari aplikasi food delivery ini tidak main-main banyaknya. Anda berpeluang mendapatkan ‘cuan’ yang melimpah asal bisa menyediakan layanan delivery lewat aplikasi.

2. Toko Online

Untuk mendapatkan penjualan yang konsisten, beberapa jenis usaha online membutuhkan toko online sebagai media promosi. Meskipun Anda bisa menjual barang dagangan Anda lewat layanan marketplace, namun Anda tetap harus memiliki toko online dengan domain Anda sendiri. Anda tidak boleh terus bergantung pada marketplace, sebab aturan-aturan dalam berjualan di marketplace bisa berubah sewaktu-waktu. Bahkan Anda bisa dengan mudahnya kehilangan akun Anda sehingga Anda tidak dapat lagi berjualan dengan akun tersebut.

Peluang Usaha Online di Tahun 2021Images: Mindster.com

Dan satu hal lagi, Anda sebagai pengusaha online sudah selayaknya memiliki database pelanggan sendiri. Dengan begitu Anda dapat lebih mudah memaintenance penjualan dan mendapatkan repeat order dari pelanggan setia Anda. Jadi itulah alasan mengapa Anda harus memiliki toko online sendiri. Untuk membuatnya juga tidak begitu sulit, kok! Di Exabytes Indonesia menyediakan layanan pembuatan toko online untuk UMKM. Dengan harga yang pantas, toko online Anda akan terlihat lebih profesional. Apalagi alamat toko online Anda menggunakan domain dari brand usaha Anda sendiri. Pastinya akan meningkat trust dan branding usaha Anda.

3. Jasa Fotografi

Jenis usaha ini juga sedang hits tahun 2021, dan bahkan akan terus eksis hingga beberapa tahun ke depan. Jika Anda memiliki keahlian dalam dunia fotografi, maka peluang usaha ini sangat bagus untuk masuki.

Peluang Usaha Online di Tahun 2021Images: Webmediacenter.com

Saat ini jasa fotografi untuk produk kecantikan ataupun kuliner paling banyak diminati. Lihat saja di akun sosial media Anda, tak sedikit produk-produk tersebut yang menjadi FYP ataupun Trending di sosial media. Hal ini dikarenakan, di masa pandemi ini banyak orang yang mulai terjun di bidang usaha tersebut. Dan pastinya si pemilik usaha akan sangat membutuhkan jasa untuk foto-foto produk mereka.

Untuk dapat terjun di bidang usaha jasa fotografi ini, Anda membutuhkan peralatan yang mumpuni, mulai dari kamera, laptop, smartphone dan sebagainya. Namun jika Anda tidak memiliki kamera yang mumpuni, Anda juga masih bisa menggunakan Smartphone untuk mengambil foto produk. Hasilnya pun juga tidak kalah jauh kok! dengan kamera DSLR. Yang terpenting pahami terlebih dahulu teknik-teknik fotografi via smartphone. Dan untuk yang satu ini bisa Anda temukan tutorialnya di sosial media ataupun lewat video di Youtube.

4. Jual Tanaman Hias

Sejak tahun 2020, orang juga sudah mulai kembali dengan hobi mereka masing-masing, mulai dari sepedaan hingga menanam aneka tanaman hias mulai menjadi kebiasaan sejak lebih sering berada di rumah. Nah, sekarang coba perhatikan akun sosial media Anda, pastinya tidak sedikit orang yang menjual koleksi tanaman hiasnya lewat akun sosial media begitu pula di marketplace.

Peluang Usaha Online di Tahun 2021Images: Okezone.com

Dengan ramainya penjual tanaman ini, berarti peluang usaha di bidang itu juga masih sangat bagus dan menjanjikan. Sstt.. bahkan Anda bisa menjalankan usaha ini tanpa harus keluar modal. Caranya, Anda bisa menjadi reseller ataupun kerjasama bagi hasil dengan pengusaha tanaman konvensional. Nah, jika kerjasama Anda disetujui Anda bisa segera melakukan promosi di media sosial ataupun melisting tanaman-tanaman yang ada di halaman marketplace.

Modal Dasar untuk Membangun Usaha Online

Dari keempat ide usaha online yang menjanjikan di tahun 2021 diatas, sekarang waktunya Anda membanguna usaha online Anda sendiri. Namun sebelumnya Anda membutuhkan peralatan-peralatan atau modal dasar untuk meletakkan jualan Anda ataupun melakukan promosi. Nah, berikut ini modal yang harus Anda miliki sebagai pengusaha online;

1. Website (Toko Online) dengan Brand Usaha Anda

Seperti yang sudah di bahas di awal, bahwa website sangat penting bagi pemilik usaha online. Meskipun saat ini sudah banyak marketplace yang bertaburan, namun itu tetap hanya sebatas pendukung saja. Sedangkan pelanggan yang akan melakukan repeat order, sebaiknya diarahkan langsung ke toko online Anda. Tentunya dengan memberikan penawaran-penawaran yang menarik agar mereka mau beralih dari marketplace ke toko online Anda.

Peluang Usaha Online di Tahun 2021Images: Exabytes.com

Nah, untuk membuat website atau toko online sebenarnya tidak sulit. Anda hanya membutuhkan domain dan hosting saja untuk bisa mengonlinekan usaha Anda. Beli hosting gratis domain bisa Anda lakukan di Exabytes. Paket hosting 60GB-nya sudah cukup untuk pelaku UKM yang ingin Go-Online.

Akan tetapi jika Anda ingin menyerahkan proses pembuatan website secara keseluruhan, mulai dari perencanaan, desain toko online, copywriting hingga perawatan situs, Anda bisa mengambil paket Instant eCommerce Design. Nah, lebih lengkapnya mengenai paket ini, silahkan langsung saja cek di situs resminya, Ya!.

2. Buat Akun di Marketplace

Memiliki akun di marketplace juga sangat dianjurkan. Terkadang customer akan lebih yakin untuk melakukan transaksi di marketplace, ketimbang transfer langsung ke nomor rekening begitu saja. Apalagi jika usaha online Anda masih baru dan belum memiliki pelanggan yang setia. Nah, setidaknya dengan memiliki akun di sana, baik penjual dan pembeli akan sama-sama diuntungkan.

Saat ini, marketplace yang paling banyak digunakan adalah “martketplace plat oranye” dan “marketplace plat hijau”. Kedua marketplace ini punya kebelihan tersendiri. Yang paling menonjol tentu adalah promo gratis ongkir­ dan juga cashback. Maka dari itu, silahkan Anda buat akun usaha Anda disana dan pastikan pula akun-akun tersebut sudah terverifikasi aman.

3. Akun Sosial Media

Terakhir yang harus Anda miliki adalah akun sosial media. Untuk yang satu ini, Anda perlu fokus pada 1-2 akun sosmed saja. Hal ini bertujuan agar Anda bisa fokus untuk melakukan promosi di media sosial populer. Ada banyak sekali sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak, namun saat ini yang paling populer adalah Instagram dan TikTok. Maka itu, buat akun sosial media dengan brand usaha online Anda. Follow semua akun yang berkaitan dengan jenis usaha Anda, agar akun Anda mendapatkan followers yang tertarget.

Sementara itu untuk kegiatan promosi Anda perlu memposting foto-foto jualan dengan bagus dan menarik. Nah, untuk menghasilkan foto yang bagus dan menarik, silahkan pelajari teknik-teknik fotografi produk yang estetik yang tutorialnya bisa kamu dapatkan secara gratis di situs berbagi video populer.

Selain konten foto, Anda juga bisa membuat video untuk diposting di akun sosial media usaha Anda. Ini sangat diperlukan jika Anda ingin memposting konten di TikTok. Sebab, TikTok hanya membolehkan untuk menampilkan konten video saja. Jadi Anda pun harus mengikuti ketentuan yang mereka buat. Konten video yang bagus biasanya akan masuk ke FYP TikTok, sehingga dapat disaksikan banyak orang. Dengan masuk ke FYP, maka besar peluang Anda untuk mendapatkan pembeli.

Itulah beberapa hal terkait dengan peluang usaha online di 2021. Sebenarnya masih ada banyak peluang yang bagus yang bisa Anda coba sukses didalamnya. Bila ada kesempatan, akan kita bahas peluang lainnya di artikel berikutnya.

Leave a reply "Bertahan di Ritel, atau Mencari Peluang Baru di Dunia Digital?"