Bongkar Kebohongan Investasi dengan Jaminan Emas Fisik

1531 views
build_links(); ?>

Mungkin anda pernah menerima informasi mengenai investasi yang menjanjikan keuntungan (return) tertentu dengan emas fisik sebagai jaminannya. Nah, investasi semacam ini biasa disebut “Buy Back Emas”, dimana investor akan mendapatkan return sekitar 2%-4% setiap bulannya selama masa kontrak (minimal 1 tahun) dari kenaikan harga emas.

Investasi dengan Jaminan Emas Fisik Bisnis Buy Back Emas ini cukup berkembang dalam beberapa tahun ini, penyebabnya sendiri masih belum jelas, padahal untuk dapat ber-investasi member diharuskan membeli emas ke mereka dengan harga emas yang jauh lebih mahal sekitar 20% – 30% dari harga emas atau logam emas mulia di pasaran. Misalnya: harga emas hari ini adalah Rp. 581.200/ gram, namun saat anda membelinya dari mereka anda harus membayar 30% lebih mahal yaitu Rp. 755.560/ gram. Jadi, di sini ada markup sebesar 30% yang perlu anda ketahui kemana perginya.

Pasar untuk “bisnis” ini sebenarnya adalah orang-orang awam yang kurang paham dengan investasi online. Makanya banyak sekali diantara mereka yang tergiur dengan return yang ditawarkan, apalagi ada jaminan emas fisik sehingga memberikan kesan aman pada investor. Padahal semua itu hanyalah trik dagang semata yang sudah tentu tidak banyak memberikan keuntungan untuk anda. Nah, di sini saya akan coba bongkar kebohongan investasi dengan jaminan emas fisik ini agar anda mempunyai pengetahuan tentangnya.

Oke, anggap saja anda adalah seorang investor di sebuah situs investasi dengan jaminan emas fisik dan anda menginvestasikan uang anda sebesar Rp. 50jt selama setahun, lalu anda menerima emas fisik seharga Rp. 35jt. Nah, setiap bulannya anda akan mendapatkan return 2% atau sebesar Rp. 1jt hingga masa kontrak berakhir. Artinya, di awal saja anda sudah kehilangan sebesar Rp. 15jt atau 30% dari uang yang anda investasikan dan disinilah permainan itu di mulai.

Sisa uang anda yang 15jt itu yang akan di investasikan oleh mereka ke dalam program-program investasi skema ponzi (HYIP) yang mampu memberikan return yang lebih besar sekitar 5%-8% dengan perputaran uang yang sangat cepat namun dengan sistem “gali lubang – tutup lubang”. Nah, profit dari HYIP itulah yang diberikan kepada anda sebesar 2% setiap bulannya. Jadi, dapat dikatakan bahwa sebenarnya anda sedang berinvestasi di HYIP, hanya saja mereka memperhalus bahasanya dengan mengatasnamakan investasi yang memberikan jaminan emas fisik untuk memikat anda.

Akhirnya anda harus berhati-hati dengan investasi semacam ini. Investasi emas memang sangat menjanjikan keuntungan, selama anda melakukannya dengan cara yang benar. Jika anda ingin membeli produk emas, sebaiknya di tempat-tempat resmi yang telah di terlindungi oleh badan hukum. Untuk itu jangan tergiur dengan investasi yang memberikan jaminan emas fisik dan return yang besar, karena besar kemungkinan itu hanya kebohongan belaka.

Comments are closed.