Cara Agar Tak Tertipu Saat Membeli Perumahan Murah Bersubsidi

build_links(); ?>

Perumahan Murah Bersubsidi

Memiliki rumah sudah menjadi sebuah keharusan, baik bagi mereka yang sudah lama berkeluarga ataupun pasangan yang baru saja menikah. Rumah merupakan tempat berteduh seluruh anggota keluarga dari panas dan hujan, rumah juga menjadi tempat menitipkan semua impian di masa mendatang. Walaupun hanya bisa tinggal dirumah yang sederhana, alangkah bahagianya jika rumah yang dimiliki adalah hasil keringat bersama orang-orang tercinta yang berada dalam satu keluarga. Tentunya inilah yang menjadi alasan mengapa setiap keluarga memiliki target untuk membeli rumah sendiri.

Saat ini harga rumah khususnya diperumahan sudah sangat tinggi. Bagi mereka yang berpenghasilan dibawah 4 juta mungkin akan terasa sangat sulit untuk membeli rumah apalagi yang berada di Kota. Namun jika Anda tengah berada pada posisi ini, Anda tidak perlu takut dengan gaji yang sebesar itu untuk dapat memiliki rumah. Saat ini pemerintah telah mempersiapkan proyek perumahan murah bersubsidi khusus bagi mereka yang belum memiliki rumah. Meskipun ini bukanlah program baru yang keluarkan oleh pemerintah, namun pembangunannya masih terus dilakukan dan digalakkan hingga saat ini.

Lewat program sejuta perumahan untuk rakyat menengah kebawah, Anda dapat membeli rumah dengan sistem KPR dengan bunga yang ringan. Untuk lokasinya sendiri juga sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Nah, jika Anda tertarik untuk membeli rumah bersubsidi ini, ada beberapa hal yang harusnya Anda ketahui agar Anda tidak tertipu oleh pihak pengembang.

1. Siapa Developer-nya?

Meskipun perumahan bersubsidi adalah miliki pemerintah, namun pihak pengembang tetap diambil oleh swasta. Untuk itu, tanyakan terlebih dahulu siapa pihak pengembang yang terlibat disana, lalu bandingkan informasi yang Anda dapatkan dari media seperti internet yang cukup memuat informasi yang akurat.

2. Lokasi

Biasanya perumahan bersubsidi berada di pinggiran kota, sehingga harga rumah tersebut juga akan jauh lebih rendah dibanding perumahan non subsidi. Namun Anda tidak boleh sembarangan membeli, tinjau terlebih dahulu lokasi proyek dan bandingkan seberapa jauh dengan tempat Anda bekerja. Jangan sampai karena lokasinya yang terlalu jauh hingga mengganggu aktifitas Anda bekerja atau sekolah bagi Anak-anak.

3. Akses Jalan dan Sarana/Prasarana Umum Lainnya

Akses jalan tentu menjadi prioritas selanjutnya bagi Anda yang ingin membeli perumahan bersubsidi, tanpa akses jalan yang memadai, tak ada gunanya Anda membeli sebuah perumahan. Untuk itu silahkan riset terlebih dahulu mengenai jalan utama untuk menuju perumahan apakah tersedia atau tidak, jika tidak atau hanya berupa tanah dan bebatuan, coba tanyakan apakah ada kemungkinan untuk mendapatkan bantuan pembangunan jalan oleh pemerintah daerah. Selain Anda juga harus tanggap untuk melihat sarana/prasarana apa saja yang ada di dekat lokasi perumahan, misalnya rumah sakit, tempat ibadah ataupun sekolah.

4. Sanitasi dan Drainase

Alangkah baiknya jika perumahan bersubsidi tersebut sudah dilalui oleh Air Ledeng, sehingga Anda tidak kesulitan lagi untuk mencari air bersih. Namun jika memang sangat sulit untuk mencarinya, pastikan pihak pengembang menyediakan sistem drainase alternatif seperti sumur bor. Selanjutnya perhatikan pula bagaimana sistem drainase perumahan tersebut, pastikan jika saluran air kotor (parit) dapat berfungsi dengan baik untuk menghindari terjadinya banjir.

Leave a reply "Cara Agar Tak Tertipu Saat Membeli Perumahan Murah Bersubsidi"