Cara Ampuh dan Bijak Dalam Menggunakan Uang THR

No comment 212 views
build_links(); ?>
Tiket Mudik

 

Ada banyak hal yang ditunggu-tunggu oleh para karyawan ketika menjelang lebaran, salah satunya adalah Tunjangan Hari Raya (THR). THR merupakan gaji tambahan yang diberikan oleh Perusahaan kepada para karyawannya, dan nilai uang THRpun bisa dikatakan cukup besar yaitu senilai dengan 1 Bulan Gaji. Uang THR biasanya diberikan maksimal 2 minggu sebelum Hari Raya, hal ini tentunya supaya para karyawan dapat menggunakan uang ini untuk membeli seluruh keperluan Hari Raya Lebaran, misalnya saja untuk membeli Tiket Mudik. Mendapatkan uang yang lumayan banyak terkadang membuat kita khilaf dan tanpa sadar menghambur-hamburkan uang THR untuk sesuatu yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan. Nah, beberapa hal ini bisa kalian lakukan supaya uang THR tidak terbuang sia-sia:

  1. Sisihkan Untuk Tabungan

Hal utama yang harus banget kalian lakukan adalah menyisihkan uang THR untuk ditabung, ingat ya menyisihkan, bukan menyisakan! Menyisihkan sekitar 30-40% uang THR tentunya tidak akan  membuat kalian kekurangan uang untuk membeli seluruh kebutuhan lebaran, tapi malah uang yang disimpan ini nantinya akan sangat berguna jikalau ada keperluan mendadak setelah hari lebaran telah usai.

  1. Sisihkan Uang Zakat Fitrah, Infaq dan Sedekah

Setelah menyisihkan uang yang untuk ditabung, kalian harus banget menyisihkan terlebih dahulu uang untuk membayar zakat fitrah, infak dan sedekah, karena ketiga hal inilah yang utama ketika hari raya lebaran. Jangan sampai karena keasikan berbelanja, kalian jadi lupa untuk menyisihkan uang untuk keperluan inti seperti ketiga hal yang telah disebutkan tadi.

  1. Beli Pakaian Secukupnya

Ingatlah bahwa esensi dari hari raya itu bukan cuma pakaian baru, makanya daripada untuk membeli baju baru, lebih baik uangnya disimpan untuk keperluan yang lain, apalagi jika kalian masih punya banyak baju yang masih sangat layak untuk dipakai di hari raya. Jadi, jangan membeli baju hanya karena tergoda oleh diskon yang ditawarkan oleh penjual, ya!

  1. Keperluan Mudik

Untuk kalian yang punya rencana untuk Mudik, kalian juga harus banget menyisihkan uang untuk keperluan Mudik, misalnya saja untuk membeli tiket mudik dan juga obat-obatan yang harus dibawa selama diperjalanan. Untuk menghemat pengeluaran, ada baiknya kalian membawa bekal makanan dari rumah, supaya ketika merasa lapar diperjalanan, kalian gak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk sekedar membeli makanan.

  1. Uang Darurat

Yang namanya melakukan perjalanan, baik perjalanan wisata ataupun perjalanan mudik kekampung halaman, pastinya ada saja hal-hal yang tidak terduga terjadi seperti misalnya tiba-tiba kendaraan yang dipergunakan mudik mengalami ban bocor, jika kalian tidak menyisihkan uang darurat, tentunya kalian akan merasa kesulitan nantinya. Jadi, sisihkanlah uang untuk keperluan darurat selama periode lebaran.

Pada intinya, cara terbaik untuk mencegah THR terbuang sia-sia adalah dengan mengeluarkan uang hanya untuk alokasi dana yang tepat, jadi semacam dibuat pos-pos pengeluaran seperti itu, deh! Gimana? Udah gak sabar mau THR-an, ya? Sebelum uang THR sampai ditangan kalian, gak ada salahnya nih buat liat-liat dulu Tiket Mudik di Mister Aladin, supaya rencana mudik kalian akan berjalan lancar dan sesuai dengan rencana. Mister Aladin, Teman Travel Terbaikmu!

Leave a reply "Cara Ampuh dan Bijak Dalam Menggunakan Uang THR"