Cara Bijak Menggunakan AC di Rumah Anda

No comment 408 views
build_links(); ?>

Air Conditioner memang bukan sebuah alat yang wajib tersedia di rumah tinggal. Namun pada beberapa kondisi, terkadang keberadaan AC sangat dibutuhkan, contohnya ketika musim kemarau mulai tiba, atau kondisi ventilasi rumah yang belum maksimal. Perlu diingat bahwa penggunaan AC dapat menyedot listrik dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu, AC terbaik sekalipun juga tetap membutuhkan perawatan yang berkala agar tetap awet dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, diperlukan cara bijak agar Anda dapat tetap menghemat pengeluaran Anda seoptimal mungkin. Berikut tipsnya untuk Anda.

1. Pilih AC dengan kapasitas sesuai kebutuhan

AC Terbaik

Sebelum membeli AC, sesuaikan terlebih dahulu dengan besar ruangan yang memerlukan pendingin ruangan, dan hitung kebutuhannya dengan rumus = panjang ruangan x lebar ruang x 500 btu. Pada umumnya AC yang cocok untuk rumah tinggal adalah AC berkapasitas min 0,75 PK (7000 btu). Kemudian pilih merk AC terbaik yang menawarkan daya yang lebih hemat. AC merk A dan merk B sama-sama memiliki kapasitas 0,75 PK namun merk A konsumsi dayanya lebih kecil dari merk B, maka pilihlah yang lebih hemat dayanya.

2. Gunakan AC seperlunya

Tentunya Anda tidak akan menyalakan AC sepanjang hari bukan? Terutama pada malam hari, pastikan Anda telah mematikannya, atau jika tetap membutuhkan pendingin Anda dapat menaikkan suhunya. Manfaatkan fasilitas timer yang ada pada AC sebelum tidur, sehingga AC akan otomatis mati beberapa jam setelah Anda tertidur. Selain itu, pastikan kondisi AC dalam keadaan off setiap Anda akan meninggalkan ruangan dalam jangka waktu lama.

3. Pastikan ruangan tertutup ketika AC menyala

AC terbaik Anda akan bekerja terlalu berat apabila udara panas dari luar masuk ke dalam ruangan. Oleh karena itu, pastikan semua pintu, jendela dan ventilasi yang ada selalu tertutup. Sebaiknya tempatkan AC pada posisi yang jauh dari jendela (sumber masuknya sinar matahari) efek pendingin tidak berkurang.

4. Gunakan nyala lampu seperlunya

AC Terbaik

Selain menutup segala sumber ventilasi, dengan mematikan lampu di dalam ruangan juga dapat mengurangi panas. Jadi jika Anda tidak sedang membutuhkan lampu untuk beraktifitas, cukup matikan saja dan gunakan pencahayaan alami dari jendela seperlunya.

5. Lakukan service secara berkala

Perawatan dasar berkala perlu dilakukan untuk AC agar kinerjanya tetap optimal, setidaknya sebulan sekali. Anda dapat melakukan pembersihan filter AC untuk menghilangkan debu-debu yang menumpuk, sehingga AC dapat bekerja dengan baik.

6. Tata ulang furniture dalam ruang

Sepertinya terlihat remeh, namun cukup penting juga untuk mematikan bahwa AC terbaik Anda telah mendinginkan daerah yang semestinya. Jangan sampai AC Anda selama ini lebih banyak mendinginkan bagian bawah tempat tidur atau sofa Anda, atau sisi kanan meja kerja Anda. dengan menata ulang letak furniture diharapkan Anda dapat menerima dingin dari AC dengan porsi yang lebih tepat.

Dengan memilih AC terbaik dan hemat energi, maka Anda tidak akan terbebani dengan tagihan listrik yang membengkak. Beberapa cara bijak di atas layak dicoba. 

Leave a reply "Cara Bijak Menggunakan AC di Rumah Anda"