Cara Memilih Hardisk Eksternal yang Bagus

No comment 818 views
build_links(); ?>

Hardisk Eksternal

Bagi pengguna komputer/laptop, Hardisk merupakan sebuah perangkat komputer yang sifatnya sangat penting. Selain digunakan untuk menyimpan data berupa file-file office, gambar dan sebagainya, hardisk juga sangat dibutuhkan untuk menyimpan data berupa file movie. Biasanya ukuran file movie sangat besar, bisa mencapai ukuran diatas 500 mb bahkan hingga dikisaran 3 gigabyte untuk kualitas film terbaik. Namun karena kemampuan hardisk standart (internal) dari komputer/laptop yang hanya berukuran 500 gigabyte saya, tentu jika digunakan untuk menampung sejumlah file movie saja dipastikan tidak akan cukup. Bahkan bila dipaksakan maka akan berdampak pada kerusakan hardisk dan Anda akan kehilangan semua file berharga Anda. Dari sini, maka hadirlah sebuah solusi untuk mengatasi keterbatasan hardisk internal dengan menggunakan hardisk eksternal dengan kemampuan ruang penyimpanan data yang jauh lebih besar.

Hardisk eksternal memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari ukuran gigabyte hingga yang tertinggi berukuran terrabyte. Semakin tinggi ruang penyimpanan datanya, harga hardisk eksternal pun akan semakin mahal pula. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa hardisk eksternal sangat penting untuk melindungi file-file Anda sebelum hilang akibat kerusakan hardisk internet, selain itu bagi Anda yang hobi mengkoleksi file-file movie ataupun file yang berukuran besar lainnya, wajib memiliki hardisk eksternal sehingga dapat menampung lebih banyak file.

Nah, untuk Anda yang berencana ingin membeli hardisk eksternal, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam memilih hardisk eksternal yang bagus, diantaranya adalah:

  1. Sistem Operasi

Hal pertama yang mesti Anda pahami adalah ingin digunakan di sistem operasi apakah hardisk eksternal yang akan Anda beli. Sebagai pertimbangan untuk Anda, jika Anda pengguna OS windows, maka pilihalah hardisk eksternal dengan format NTFS. Pada format NTFS, Anda dapat melakukan editing pada file Anda. Namun hal yang sama tidak berlaku jika Anda menggunakan hardisk eksternal NTFS di OS X, karena format yang digunakan OS X bukan NTFS melainkan HFS+ sehingga Anda tidak bisa melakukan editing file secara langsung di hardisk eksternal tersebut.

  1. Kapasitas Penyimpanan

Hardisk eksternal memiliki kapasitas penyimpanan yang besar mencapai puluhan terrabyte. Nah, jika Anda membutuhkan ruang yang cukup besar untuk menyimpan data Anda, maka pilihlah hardisk eksternal yang berukuran besar. Dan sesuaikan pula, kebutuhan dengan budget Anda, agar Anda tidak terkejut saat mengetahui harga hardisk eksternal dengan kapasitas yang besar.

  1. Kecepatan Rotasi Hardisk

Kecepatan rotasi hardisk eksternal memang bervariasi, umumnya dimulai dari angka 5400 RPM. Semakin tinggi RPM tentu semakin baik digunakan untuk melakukan transfer data. Terlebih jika Anda ingin mentransfer data file movie dengan ukuran yang besar, tentu membutuhkan kecepatan rotasi yang maksimal, sehingga data dapat ditransfer dalam hitungan menit saja.

  1. Konektifitas

Sangat penting untuk mengetahui konektifitas yang didukung pada hardisk eksternal. Biasanya hardisk eksternal terbaru menggunakan konektifitas berupa USB 3.0 namun ada beberapa merek hardisk eksternal yang masih setiap menggunakan USB 2.0. Secara kecepatan transfer, tentu USB 3.0 jauh lebih cepat dibandingkan USB 2.0 yakni berkisar diatas 5 Gbps. Sangat sempurna untuk melakukan transfer data dengan ukuran yang besar.

  1. Garansi

Hal lainnya yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat membeli hardisk eksternal adalah masalah Garansi. Tidak semua hardisk eksternal yang dijual memberikan garansi, apalagi jika Anda membelinya pada tempat yang tidak jelas. Garansi ini berguna saat Anda belum lama menggunakan hardisk eksternal tersebut dan mengalami kerusakan. Meskipun jarang terjadi, namun ketika terjadi kerusakan yang biasanya kurang dari 1 tahun, maka Anda bisa mendapatkan ganti darinya. Maka dari itu penting untuk mengetahui apakah hardisk eksternal yang dibeli bergaransi atau tidak.

Leave a reply "Cara Memilih Hardisk Eksternal yang Bagus"