Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak Usia 1 Tahun

No comment 326 views
build_links(); ?>

Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak Usia 1 Tahun

Cacingan pada anak usia 1 tahun bukan suatu hal yang boleh dianggap sepele. Meskipun bukan termasuk penyakit yang berbahaya, anak yang menderita cacingan tetap harus di waspadai perkembangan tubuhnya. Sebab, efek samping cacingan yang terjadi pada anak dibawah 5 tahun ini sungguh sangat nyata terlihat. Pertumbuhan anak akan terganggung, nafsu makannya menurun, dapat mengganggu kecerdasan, bahkan dapat mempengaruhi daya serap tubuhnya terhadap apa yang di makan oleh si anak, sehingga berdampak pada tubuhnya yang terlihat kurus atau kurang berisi.

Penyebab cacingan pada anak dapat terjadi oleh banyak faktor, salah satunya yang sangat mungkin terjadi adalah karena faktor lingkungan dan makanan yang kurang bersih. Saat lingkungan tidak terjaga kebersihannya, larva-larva cacing yang berada disekitar anak, dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang di makan oleh si anak. Untuk mencegahnya, maka sebelum memberikan makan pada anak, Anda sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun. Karena larva (telur cacing) bisa saja menempel pada tangan Anda, dan ketika Anda tidak menyadari menyentuh makanan si kecil. Maka telur-telur itu sudah menempel dan bersiap masuk ke tubuhnya lewat makanan yang Anda berikan.

Nah selanjutnya, faktor cuaca atau kelembapan udara, pun, juga bisa menjadi penyebab lain terjadinya cacingan pada anak. Telur cacing yang sudah terlanjur berada dalam perut anak, lebih mudah berkembangan (menetas) menjadi larva saat udara sangat lembab, apalagi jika tubuh anak tidak cukup kuat melawan perubahan cuaca, sehingga telur lebih mudah berkembang. Maka dari itu, perlu dicegah dengan cara memberikan asupan gizi yang baik pada anak, sehingga tubuhnya kuat terhadap perubahan cuaca dan mampu mencegah berkembangnya telur-telur cacing.

Lalu, bagaimana jika Anak sudah terlanjur mengalami penyakit cacingan? Adakah cara untuk mengobati penyakit cacingan pada anak usia 1 tahun? Jika kondisi si Anak sudah sangat mengkhawatirkan, pengobatan medis sangat diperlukan untuk tindak lanjut yang lebih baik. Namun, untuk beberapa jenis penyakit cacingan seperti cacing kremi, pengobatan dengan cara tradisional bisa dilakukan sendiri di rumah. Resep obatnya pun sangat mudah, yakni siapkan 10 gram kulit buah delima kering dan 1/2 buah pinang yang masih hijau. Kemudian direbus dengan 600 cc air, hingga menyisakan 300 cc air ramuan. Nah, jika ramuan sudah siap, ambil wadah tempat minum Anak dan biarkan hingga suhu ramuan menjadi hangat dan selanjutnya tinggal minumkan pada anak Anda. Atau jika Anak Anda menolak meminum ramuan tradisional obat cacingan karena rasanya yang getir, bisa disiasati dengan menggunakan spuit, dan menyemprotkannya ke mulut si Anak, sehingga ramuan dapat mudah ditelat olehnya.

Leave a reply "Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak Usia 1 Tahun"