Cara Mengecat Lantai Beton dengan Epoxy Flooring

No comment 363 views

Pada dasarnya cara untuk mengecat lantai beton itu memiliki banyak alternatif, namun yang paling sering digunakan yaitu dengan cara epoxy flooring. Apakah Anda bertanya-tanya mengapa harus menggunakan cara epoxy flooring? Karena aplikasi epoxy flooring ini akan sangat memudahkan Anda baik itu untuk lantai beton baru ataupun lantai beton lama.

Epoxy Flooring

Berbicara mengenai epoxy flooring, sebelumnya apakah Anda tahu tentang epoxy flooring ini? Untuk lebih jelasnya, epoxy flooring merupakan salah satu cara yang digunakan untuk memberikan lapisan pada beton agar lebih kokoh, keras, anti air, tahan untuk berbagai macam alat berat dan kendaraan berat, aman dalam segala aktifitas, bersih, higienis dan sesuai dengan standar lantai dari ISO yang biasanya ditujukan untuk sebuah pabrik industri, rumah sakit, laboratorium, tempat parkir, dan perkantoran. Perlu untuk diketahui jika pengaplikasian epoxy lantai itu haru dilakukan oleh profesional agar hasilnya bisa sesuai dengan yang diekspektasikan.

Secara umum epoxy flooring ini memiliki beberapa tahapan yang dilakukan dalam proses pengaplikasiannya. Untuk Anda yang penasaran, berikut ini merupakan tahapan ataupun cara pengaplikasian epoxy flooring yang banyak orang katakan itu adalah pengecatan lantai beton.

  • Lantai beton harus berada pada usia minimal 28 hari dan dalam keadaan yang bersih dan terbebas dari kotoran walaupun hanya sedikt, dan bila didapati kotoran berupa oli atau minyak, maka cucilah lantai dengan menggunakan sabun agar lantai benar-benar bersih.
  • Permukaan lantai beton tak boleh bergelombang dan harus berada dalam keadaan yang tidak kasar.
  • Jika sudah layak, maka proses pengaplikasian epoxy flooring bisa dimulai dengan pemberian lapisan primer dan biarkan selama kurang lebih 12 jam sampai benar-benar mengering.
  • Setelah lantai kering, kemudian melakukan tahapan pengecatan yang dilakukan sebanyak dua kali dan pastikan dalam tahapan ini, lantai benar-benar dalam kondisi yang bersih tanpa ada kotoran sedikitpun.
  • Dalam proses pengerjaan dilarang merokok sama sekali, dan lebih baik tanpa menggunakan alas kaki agar hasilnya lebih maksimal.
  • Lantai baru boleh diinjak jika sudah kering paling tidak 12 jam setelah pelapisan terakhir, itupun belum boleh menggunakan sepatu yang alasnya tajam. Dan baru bisa dilewati atau didirikan alat berat serta kendaraan berat paling tidak satu minggu setelah proses pelapisan terakhir dilakukan.

Seperti itulah kurang lebihnya cara untuk melakukan cat lantai beton yang sesuai dengan prosedur. Epoxy flooring banyak dipilih karena hasilnya yang baik dan juga tahan lama. Selain itu tingkat kebersihan dan kehigienisannya pun terjaga dengan sangat baik. Ketika Anda membutuhkan jasa epoxy flooring ini, pastikan untuk memilih perusahaan jasa yang sudah banyak berpengalaman dalam hal epoxy lantai agar hasilnya bisa baik dan sesuai dengan ekspektasi Anda sehingga didapatkan tingkat kepuasan yang tinggi.

Leave a reply "Cara Mengecat Lantai Beton dengan Epoxy Flooring"