Cara Menggunakan dan Bayar Pajak Online Lewat E-Billing

No comment 152 views

Bayar Pajak Online

Bayar pajang memang merupakan kewajiban semua masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang telah memenuhi persaratan, selain itu juga pajak akan digunakan untuk membangun negara ini. Yang memang dengan pajang yang cukup maka negara bisa membangun infrastruktur dan membangun beberaoa fasilitas umum. Dan sekarang pembayaran pajak bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun. Yang mana sekarang sudah menggunakan bayar pajak online, seperti e-biling pajak mungkin sebagian orang belum mengerti mengenai e-biling ini.

Apa Itu e-Billing Pajak

e-biling pajak adalah salah satu program yang diberikan oleh direktorat jendral pajak atau DPJ, dibentuk untuk system bayar pajak online atau elektroni dengan cara pembuatan kode biling atau id billing terlebih dahulu, dan juga telah menerapkan dari system MPN G2 atau modul penerimaan negara generasi dua yang menjadi pengganti system MPN G1, dengan hadirnya e-billing untuk mewujudkan sebuah komit dari DJP dalam pengalihan dari system manual menuju yang lebih modern. Dan terdapat juga peraturan untuk e-billing ini yang memang harus di pahami.

Pembuatan e-Billing dan Kode e-Billing

  1. Melalui aplikasi online pajak yang memang satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan yang bedasarkan surat keputusan pemerintah.
  2. Dimana kalian bisa membuat itu melalui teller bank tertentu yang telah kalian pilih dan disetujui seperti, Bank BNI, Mandiri, BCA dan Citiban atau lewat kantor pos.
  3. Akses melalui SSE2 dari situs pajak.go.id atau Direktoran jerndral Pajak Online.
  4. Untuk Melalui SMS id billing untuk pelanggan telkomsel yaitu dengan menekan *141*500#
  5. Melalui layanan billing di kantor pelayanan pajak atau KPP atau di KP2KP.
  6. Bisa melalui layanan di nomor 1500200, jika ini hanya berlaku untuk wajib pajak pribadi

Membayar Pajak Secara Online

Jika sudah pembuatan kode billing kalian bisa melakukan bayar pajak online dengan e-billing melalui beberapa tempat seperti, onlinepajak bagi nasabah CIMB Niaga dan BNI, Anjungan Tunai Mandiri, Teller Bank kerja sama, kantor pos, internet banking hingga melalui agen branchless banking dan masih ada beberapa lainnya yang bisa membayar pajak secara online ini.

Terdapat Manafaat Jika Menggunakan e-Billing untuk Bayar Pajak secara Online;

  1. Data Akurat

Yang mana memang hal yang penting dalam pajak berupa keakuratan yang seringkali dibutuhkan oleh orang pajak, hal ini berhubungan dengan uang dan juga pembayaran yang besar-besaran oleh orang. Sehingga dengan adanya e-billing diharapkan akan membantu meminilaisir kesalahan dalam pencatatan transaksi bila secara manual, sehingga e-biling justru lebih aman dan mudah untuk mengukur keakuratan data tersebut.

  1. Data Tersambung

e-billing sendiri sebuah aplikasi yang memang akan mudah digunakan dan efesien, yang mana akan langsung ter konfirmasi pembayaran pajak. Dimana akan langsung terhung aplikasi perhitungan PPN, PPh dan lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini berharap tidak menyita waktu yang lama untuk melaporkan pajak.

  1. Aman dan Real Time

Memang terkadang jika sedang orang yang membayar biaya pajak yang cukup besar, yang mana jika ini dibawa langsung ke kantor pajak jelas akan berbahaya sehingga dapat menimbulkan beberapa kejahatan, baik pada saat perjalanan atau dimanapun itu bisa terjadi. Dengan adanya e-billing membuat ini menjadi sedikit aman, yang mana tidak mudah dimanipulasi karena akan terekam langsung oleh system DJP dan Kas Negara, dari BPN berikut NTPN.

Leave a reply "Cara Menggunakan dan Bayar Pajak Online Lewat E-Billing"