Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Balita

No comment 2267 views
build_links(); ?>

Sebagai orangtua, anda harus mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak balita agar dapat mengoptimalkannya. Perkembangan balita sangat tergantung pada pola asuh yang diberikan orang tua. Nah, agar tidak salah dalam mengasuh anak, lakukan langkah-langkah berikut ini.

Penuhi Asupan Nutrisi

Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Balita Hal pertama yang harus diberikan kepada buah hati kita adalah nutrisi. Sebelum anak mendapatkan pengasuhan tentang kehidupan, ia memerlukan nutrisi demi perkemangan otak dan pertumbuhannya. Berikan makanan terbaik dengan teknik pengolahan yang tepat agar zat gizi di dalamnya tidak hilang.

Nutrisi yang diperlukan buah hati kita begitu kompleks, dari zat makro hingga mikro. Semua dapat dipenuhi dengan memberikan variasi makanan. Menu empat sehat lima sempurna sudah mendekati nutrisi yang sempurna untuk kemajuan kehidupan balita.

Biarkan Bermain

Anak-anak butuh bermain karena dari sana ia belajar banyak hal. Bermain merupakan dunia anak yang tidak boleh dicegah oleh orangtua. Bila anda takut baju anak kotor saat bermain, cuci saja dengan deterjen rinso. Deterjen ini sangat ampuh mengusir noda di pakaian putih sekalipun.

Dengan bermain seorang anak akan lebih berani menghadapi lingkungannya, menemukan ide-ide kreatif, serta belajar mengenal lingkungannya. Sayang sekali kalau waktu bermainnya harus terenggut hanya karena orang tua terlalu protektif.

Jaga Kebersihannya

Meskipun anak-anak tidak punya rasa jijik terhadap kotoran, orangtua tetap harus memberikan batasan dan menjaga kebersihannya demi tumbuh kembang anak balita. Misalnya dengan membiasakan mencuci tangan dengan benar, mandi yang bersih, menggosok gigi, mengenakan pakaian bersih, dan tidak memegang makanan ketika tangan kotor.

Kotoran merupakan sarang kuman penyakit yang dapat menyebabkan berbagai penyakit infeksi. Perkembangan balita bisa terganggu kalau ia sering sakit. Jadi, ibu harus ekstra memperhatikan buah hatinya.

Ajak Anak Bersosialisasi

Ajak anak untuk bermain dengan temannya. Cara ini penting untuk mendidik anak bersosialisasi dengan lingkungannya. Bersama teman seusianya, ia akan berlatih berkomunikasi, berbagi, dan berempati ketika ia harus berbagi makanan atau bertuar mainan. Tentu saja semua hal itu sangat berguna bagi kemajuan kehidupan balita di masa yang akan datang.

Leave a reply "Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Balita"