Cara Menyambung Kabel UTP (RJ45) dengan Bantuan Tang Crimping

Cara Menyambung Kabel UTP dengan Tang Crimping
Images: TokoKomputer007.com
Walau mungkin Anda bukan seorang teknisi komputer, peralatan-peralatan sederhana untuk perbaikan komputer atau jaringan (LAN) seharusnya telah tersedia di rumah Anda. Memang bukan hal mutlak yang harus disediakan, namun pada suatu waktu Anda pasti akan membutuhkannya juga. Misalnya saja tang crimping yang memang sangat dibutuhkan untuk membangun jaringan internet dirumah ataupun untuk mengambil data antar komputer dengan mudah. Sehingga dengan tersedianya itu, akan lebih memudahkan pekerjaan dan menghemat pengeluaran untuk membayar seorang teknisi.

Tang crimping atau yang biasa disebut juga dengan nama tang RJ45 berfungsi untuk menyambung kabel UTP (Kabel LAN) dengan teknik pengepresan. Anda tidak akan mungkin bisa menyambung kabel UTP tanpa bantuan alat ini, karena tang crimping memang khusus di desain dengan bentuk yang menyerupai konektor RJ45 sehingga dapat tersambung dengan sempurna. Selain itu pada tang crimping ini juga telah dilengkapi dengan pisau untuk mengupas kulit kabel, sehingga akan lebih memudahkan pekerjaan Anda.

Di toko-toko yang menjual peralatan komputer, tang crimping dibandrol dengan harga yang cukup mahal, berkisar 100 – 300ribu. Namun berbeda jika Anda membelinya di Mataharimall.com, Anda bisa mendapatkan harga tang crimping yang jauh lebih murah lagi.

Nah, untuk Anda yang belum paham cara menggunakan tang crimping untuk menyambung kabel UTP (RJ45), ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan agar kabel dan konektor RJ45 tersambung dengan sempurna. Agar lebih jelasnya silahkan simak uraian berikut ini:

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • Kabel UTP (LAN);
  • Konektor RJ45;
  • Tang Crimping;
  • LAN Tester

Langkah-Langkah Menyambung Kabel UTP dengan Tang Crimping

Ada 2 cara menyambung kabel UTP dengan bantuan tang crimping, yakni dengan cara Straight dan Cross. Namun kali ini, Anda akan Saya tunjukkan cara menyambung kabel UTP dengan teknik cross saja. Cara ini biasa digunakan untuk menghubungkan PC ke PC (1 server & 1 client). Untuk lebih detailnya, silahkan ikuti caranya berikut ini:

1. Siapkan kabel UTP, lalu kupas kulit kabel (pada kedua ujungnya) dengan lebar sekitar 2 cm menggunakan pisau pemotong yang terdapat pada tang crimping;

2. Jika sudah, maka Anda akan melihat 8 bagian kabel kecil dengan warna-warna yang berbeda. Lalu rapihkan (susun) 8 kabel kecil itu dengan urutan sebagai berikut:

  • Ujung kabel (1) = Putih Orange, Orange, Putih Hijau, Biru, Putih Biru, Hijau, Putih Coklat, Coklat
  • Ujung kabel (2) = Putih Hijau, Hijau, Putih Orange, Biru, Putih Biru, Orange, Putih Coklat, Coklat

Cara Menyambung Kabel UTP dengan Tang Crimping
Images: computerindo.com
3. Selanjutnya tinggal merapihkan kabel-kabel yang masih kusut agar dapat masuk dengan sempurna pada slot konektor RJ45;

4. Berikutnya, ambil tang crimping lalu potong kedelapan ujung kabel kecil sehingga didapat ujung kabel yang sama panjang. Pemotongan ini juga berfungsi untuk membuang lapisan pelindung (sintesis) pada tembaga yang dapat menghalangi kinerja UTP.

5. Masukkan semua kabel yang sudah dirapihkan ujungnya ke dalam konektor RJ45 sesuai dengan slotnya masing-masing. Pastikan semua ujung kabel menyentuh ujung konektor RJ45, lalu kunci dengan menggunakan tang crimping dengan cara pengepresan;

6. Terakhir, tinggal melakukan pengujian dengan menggunakan LAN tester yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Jika semua lampu LAN tester menyala, maka proses pemasangan kabel UTP sudah terpasang semua. Namun jika ada salah satu lampu saja yang tidak menyala, maka Anda harus melakukan pemasangan ulang dan meng-crimping-nya dengan benar.

Nah, bagaimana tidak begitu sulit kan untuk melakukannya? Sekarang silahkan Anda coba sendiri dirumah.

Leave a reply "Cara Menyambung Kabel UTP (RJ45) dengan Bantuan Tang Crimping"