Cara Menyimpan Kue Kering Lebaran Agar Tetap Renyah

No comment 1324 views
build_links(); ?>

Aneka kue lebaran memang menjadi menu wajib yang dihidangkan saat momen hari raya tiba. Hampir setiap orang pasti menyukai cita rasa yang gurih, renyah dan manis yang ada pada kue kering, sehingga tak jarang karena semakin menikmatinya tanpa disadari satu toples penuh kue kering bisa dihabiskan dalam beberapa menit saja.

Kue Kering Lebaran
Lain cerita jika kue kering lebaran yang baru saja dibuat sudah melempem, tidak renyah, dan bahkan memiliki aroma yang tidak sedap. Siapapun pasti akan menolak untuk memakannya. Hal ini dapat terjadi karena kurang baiknya dalam menyimpan kue kering atau tidak pas ketika menutupnya, sehingga udara dengan mudahnya masuk dan melembabkan kue. Lambat laun kue menjadi melempem dan mengubah aroma menjadi tidak sedap. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada kue kering Anda, berikut tips menyimpan kue kering lebaran agar tetap renyah meski dalam waktu penyimpanan yang lama.

1. Simpan Kue Kering Dalam Keadaan Dingin

Meletakkan kue pada kondisi panas (hangat) ke dalam toples atau wadah penyimpanan sangat beresiko membuat kue menjadi cepat melempem. Suhu panas dalam toples lambat laun akan melepaskan uap air yang akhirnya akan jatuh membasahi kue. Maka dari itu, untuk menjaga kue kering tetap dalam kondisi baik saat disimpan, pastikan kue sudah dalam kondisi yang benar-benar dingin dan tersusun rapi dalam wadah. Bila perlu letakkan kertas kue/ koran pada lapisan bawah untuk menjaga kelembapan wadah.

2. Letakkan pada Wadah yang Kedap Udara

Meletakkan kue kering pada toples yang kedap udara dapat membuat kue lebih tahan lama dan tetap renyah. Jadi saat Anda memilih toples untuk wadah kue kering, pastikan bahkan toples tersebut kedap udara. Biasanya itu dapat ditandai dengan adanya lapisan karet di sekitar mulut toples. Lapisan tersebut berfungsi untuk mencegah udara masuk melalui celah-celah toples. Dan pastikan pula wadah sudah tertutup rapat saat Anda akan menyimpan.

3. Atur Kelembapan Wadah dengan Garam

Selain sebagai bumbu dapur serba guna, garam juga bermanfaat untuk mengontrol kadar kelembapan pada wadah. Wadah yang lembab akibat perubahan suhu, dapat membuat kue menjadi melempem dan berjamur. Untuk mengatasinya, ambil 1 – 2 sendok teh garam lalu bungkus dengan kain bersih, selanjutnya letakkan di dasar wadah, lalu susun kue kering dengan rapih.

Itulah 3 cara yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kue kering agar tetap renyah dan gurih. Dengan penyimpanan yang baik, akan membuat kue lebaran Anda bertahan lebih lama.

Leave a reply "Cara Menyimpan Kue Kering Lebaran Agar Tetap Renyah"