Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Zat Besi Anak Usia 1 Tahun

Salah satu unsur mineral penting yang harus ada pada asupan makanan anak usia 1 tahun adalah zat besi. Kebutuhan zat besi anak 1 tahun tidak sama dengan anak yang sudah berusia 5 tahun. Pada anak usia 1 tahun yang masih dalam masa MPASI, membutuhkan setidaknya 7 mg zat besi setiap harinya. Jumlah ini sudah termasuk zat besi yang terkandung pada ASI yang masih menjadi makanan pokok bagi si kecil. Tentu dengan semakin bertambahnya usia, maka kebutuhan zat besi-nya pun akan semakin tinggi pula.

Kebutuhan Zat Besi Anak 1 Tahun

Oia.. tahukah Anda apa sebenarnya manfaat zat besi bagi si kecil? Zat besi diperlukan oleh tubuh anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Zat besi akan membantu proses pemindahan oksigen yang berasal dari paru-paru dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Dari sini bisa diketahui juga, jika anak kekurangan zat besi maka dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya. Selain jika kebutuhan zat besi setiap harinya tidak mencukupi, maka dapat menimbulkan anemia (kekurangan sel darah merah), yang bisa berakibat fatal.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut ini adalah asupan makanan yang bisa diberikan oleh si kecil untuk mencegah terjadinya defisiensi zat besi;

1. Konsumsi Daging sapi

Tidak hanya tinggi kandungan serat, daging sapi juga ternyata mengandung zat besi yang baik untuk diberikan pada si kecil di masa MPASI. Ada sekitar 2,8 mg zat besi yang terkandung dalam setiap 100 gr daging merah. Yang berarti kebutuhan zat besi si kecil sudah hampir terpenuhi setengahnya. Kekurangannya bisa diperoleh dari ASI yang dikonsumsi oleh si kecil.

Nah, untuk dapat diberikan pada si kecil. Daging merah tadi sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu, agar mendapatkan tekstur yang lembut dan bisa ditelan olehnya. Oia, pemberian daging sapi ini sudah bisa dilakukan sejak bayi berusia 8 bulan, ya!

2. Kacang-kacangan

Selain yang berasal dari hewani, zat besi juga bisa diperoleh dari makanan nabati. Bahan makanan seperti kacang merah, polong, edamame dan semacamnya, mengandung zat besi yang cukup tinggi. Akan tetapi zat besi yang berasal dari makanan nabati, tidak bisa langsung diserap oleh tubuh. Namun meskipun begitu, tetap mampu memenuhi kebutuhan zat besi harian si kecil.

Leave a reply "Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Zat Besi Anak Usia 1 Tahun"