Cara Mudah Merawat Luka Bakar Ringan di Rumah

No comment 380 views
salep untuk luka bakar

 

Ketika Anda mengalami luka bakar, apa yang pertama kali Anda lakukan? Mungkinkah mengoleskan pasta gigi? Benarkah hal tersebut? Sebaiknya Anda tidak sembarangan melakukan tindakan atau pertolongan pertama pada luka bakar, karena bisa mengakibatkan luka bakar tersebut lama untuk bisa sembuh. Sebaiknya selalu sediakan salep untuk luka bakar di kotak P3K Anda sebagai cara terbaik untuk melakukan pertolongan pertama.

Cara Mengobati Luka Bakar di Rumah

Luka bakar ringan butuh waktu sekitar 1-2 minggu untuk bisa sembuh. Tetapi, bukan berarti tidak dilakukan perawatan sama sekali. Berikut ini adalah cara merawat luka bakar ringan di rumah:

1. Air dingin

Saat pertama kali Anda terkena sambaran api, maka cara yang harus dilakukan pertama kali adalah mengguyur luka dengan air dingin (bukan air es) selama kurang lebih 20 menit. Usahakan sambil dibersihkan dengan sabun bayi dengan cara perlahan.

2. Kompres dingin

Untuk mengurangi rasa perih, Anda bisa lakukan kompres dingin pada area kulit yang terbakar.

3. Salep antibiotik

Penting selalu menyediakan salep untuk luka bakar, karena tidak tahu kejadian seperti apa yang kita alami nantinya. Ketika kulit Anda terbakar, kemudian dibersihkan dengan air mengalir, dan keringkan. Setelah itu, baru Anda oleskan salep atau krim antibiotik yang bisa Anda beli di apotik terdekat.

4. Gunakan lidah buaya

Tanaman yang satu ini adalah yang paling dianjurkan untuk mengobati luka bakar. Di dalam gel lidah buaya memiliki sifat anti radang yang dapat merangsang sirkulasi dan mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit yang terluka.

5. Madu

Selain lidah buaya yang terbukti ampuh mengobati luka bakar, ada lagi bahan alami lainnya yang manfaatnya cukup besar dalam mengobati luka bakar. Ya benar, madu. Madu ini mengandung agen antibakteri dan antijamur. Selain itu, madu juga memiliki sifat anti adang yang dapat mengurangi rasa nyeri pada luka bakar tersebut. Anda cukup oleskan saja madu disekitar luka (bukan pas pada lukanya).

Untuk lebih memperkaya wawasan Anda seputar kesehatan, Anda bisa simak semuanya di https://guesehat.com/.

Leave a reply "Cara Mudah Merawat Luka Bakar Ringan di Rumah"