Mau Lahiran? Ini Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan!

Bagi pasangan muda, menunggu momen kelahiran merupakan sebuah hal yang sangat dinantikan. Yah! bagaimana tidak. Karena untuk pertama kalinya, Anda beserta pasangan akan dikedatangan ‘malaikat’ kecil yang akan mengisi hari-hari Anda disepanjang waktu. Nah, momen teristimewa ini memang sudah selayaknya dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Mulai dari mempersiapkan nama untuk si kecil, menentukan klinik/rumah sakit bersalin hingga menyiapkan daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan untuk dibawa saat bersalin hingga saat si kecil berada di rumah nanti. Semua itu penting Anda persiapkan sedari dini, agar tidak ada hal-hal yang terlupakan saat momen spesial itu tiba.

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Nah, jika Anda pasangan yang akan memiliki anak pertama, berikut ini adalah beberapa perlengkapan bayi yang perlu Anda siapkan;

  1. Pakaian Bayi

Pakaian ini meliputi baju dan juga celana bayi. Anda perlu mempersiapkan pakaian berupa kaos tangan pendek, tangan panjang, singlet, celana pendek dan juga celana panjang. Namun jika Anda ingin lebih praktis lagi, Anda bisa memiliki pakaian dari jenis jumpsuit dimana baju,  celana, kaus tangan dan kaus kaki di desain menyatu (senyawa), sehingga lebih mudah di kenakan oleh si kecil.

Untuk jumlah pakaiannya, Anda perlu menyiapkan dalam jumlah banyak, 1 – 2 lusin pakaian cukup untuk digunakan secara bergantian. Sedangkan untuk ukuran, pilih yang ukuran newborn. 

  1. Kain Bedong

Perlengkapan bayi selanjutnya yang perlu Anda persiapkan adalah kain bedong. Meskipun penggunaan kain bedong ini sudah tidak disarankan oleh dokter, namun tidak ada salahnya juga Anda mempersiapkan kain bedong sebanyak ½ lusin. Nantinya kain ini akan digunakan untuk membedong bayi Anda yang baru lahir. Biasanya akan digunakan 3-4 minggu saja sejak kelahiran. Selebihnya tetap masih bisa digunakan sebagai alas tidur bayi.

  1. Perlak

Perlak juga sangat diperlukan untuk bayi yang baru lahir hingga ia berusia 1 tahun. Perlak berfungsi sebagai alas tempat tidur bayi untuk menampung ompol si kecil agar tidak langsung jatuh ke atas tempat tidur. Selain itu perlak juga berfungsi untuk alas mandi si kecil. Karena daya tahan perlak yang cukup lama, biasanya hanya dibutuhkan 1 perlak saja hingga perlak benar-benar rusak dan layak diganti.

  1. Popok Bayi

Ada beberapa pilihan popok bayi yang bisa Anda persiapkan, namun sebaiknya pilihlah yang paling praktis menurut Anda. Saat ini telah banyak beredar popok bayi kain dari jenis cloudi. Popok jenis ini dapat dicuci dan dipakai berulang-ulang kali bahkan hingga si kecil berusia 2 tahun.

Harga pembelian pertamanya memang masih terbilang cukup mahal, namun dengan pemakaian yang jangka panjang disinyalir bisa lebih hemat dibanding penggunaan popok sekali pakai. Namun jika Anda memilih menggunakan cloudi, maka berarti Anda sudah siap untuk mencuci popok cloudi setiap hari. Diperkirakan si kecil akan membutuhkan 5-6 cloudi setiap harinya.

Nah, jika Anda tidak siap untuk direpotkan dengan aktifitas mencuci popok setiap hari, Anda juga bisa menggunakan pospak yang lebih praktis. Untuk awal, Anda bisa mempersiapkan 2-3 bal pospak ukuran newborn untuk di stok. Namun sebelumnya pastikan pospak yang akan di stok cocok digunakan oleh si kecil, tidak menimbulkan ruam atau reaksi alergi apapun.

Leave a reply "Mau Lahiran? Ini Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan!"