Definisi Sakit Jantung dan Gejala Awal yang Dialami

No comment 799 views

Definisi Penyakit Jantung dan Gejala Awal yang Dialami Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk memompa darah dan mengedarkannya keseluruh tubuh. Sebagai organ tubuh penting, jantung sejatinya harus senantiasa dirawat agar terus bekerja sesuai dengan fungsinya. Akan tetapi bagi seseorang yang mengalami masalah pada jantung, pastinya akan membuat sistem aliran darah menjadi terhambat dan pada akhirnya akan berdampak buruk pada kondisi tubuhnya, misalnya pada penderita sakit jantung. Sedangkan definisi sakit jantung dalam ilmu medis adalah kondisi dimana jantung tidak mampu bekerja secara maksimal atau bekerja dengan baik.

Perlu Anda ketahui bahwa sakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Tak hanya dapat menyerang orang dewasa saja, bahkan resiko mengalami sakit jantung bisa terjadi mulai dari usia dini. Jika Anda sering berita-berita tentang kesehatan, tak sedikit informasi yang menyebutkan bahwa balita juga dapat mengalami serangan penyakit jantung. Maka dari itu, mengetahui gejala awal sakit jantung harus menjadi perhatian Anda, tujuannya agar dapat meminimalisir resiko terserang sakit jantung.

Ciri/gejala awal seseorang mengalami sakit jantung:

  1. Nyeri di bagian dada, kondisi seperti ini memang kerap dialami oleh seseorang yang diindikasi mengidap sakit jantung. Nyeri yang muncul di dada, bisa dikarenakan aliran darah dalam pembuluh arteri tersumbat, sehingga jantung tidak dapat memompa darah keseluruh tubuh. Biasanya tersumbatnya pembuluh daerah dikarenakan adanya tumpukan lemak yang muncul karena pola hidup yang tidak sehat. Namun untuk memastikannya, Anda perlu memeriksakannya kepada dokter ahli agar mendapatkan hasil yang akurat.
  2. Sesak napas, resiko terserang sakit jantung juga bisa dikenali apabila sering merasakan sesak napas. Sesak muncul karena penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah tidak dapat didistribusikan secara sempurna ke seluruh tubuh. Selain itu rasa sesak pada dada juga bisa disebabkan karena tidak teraturnya denyut jantung, terjadinya penebalan otot jantung atau katup jantung yang mengalami kelainan.
  3. Pembengkakan, ciri lain yang mengindikasikan seseorang mengalami sakit jantung adalah terjadinya pembengkakan pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti perut dan pada pergelangan kaki. Hal ini dapat terjadi karena adanya cairan yang menumpuk pada bagian tubuh tersebut sehingga lambat laun akan terjadi pembengkakan.
  4. Keluarnya keringat, meskipun terkesan sepele namun jika tubuh Anda mengeluarkan keringat, sementara Anda tidak melakukan aktifitas berat ataupun karena cuaca yang panas, maka Anda perlu waspada terhadap resiko mengalami masalah sakitjantung.

Leave a reply "Definisi Sakit Jantung dan Gejala Awal yang Dialami"