Dikenal Sebagai Pre-Kanker, Ini 3 Pemicu Menebalnya Dinding Rahim

build_links(); ?>
Penebalan dinding rahim

 

Penebalan dinding rahim sama sekali bukanlah kondisi yang normal. Jika dibiarkan saja tanpa pengobatan, maka kondisinya bisa kemudian berubah menjadi kanker. Anda tentu tak ingin menderita penyakit mematikan ini bukan? Menebalnya dinding rahim ini juga bukanlah tanpa sebab. Berikut adalah 3 pemicu yang dapat membuat dinding rahim wanita mengalami penebalan.

  1. Berat Badan yang Berlebihan

Berat badan yang berlebihan merupakan salah satu pemicu dari penebalan yang terjadi di dinding rahim. Saat berat badan meningkat, secara otomatis badan akan dipenuhi oleh banyak lemak. Nah, lemak inilah yang akhirnya membuat produksi hormon estrogen mengalami peningkatan. Dinding rahim sendiri akan menebal secara tidak normal, di kala level estrogen tinggi dan progesteron rendah.

  1. Terapi Hormon Esteron

Terapi hormon estrogen berisiko menyebabkan Anda mengalami penebalan di dinding rahim. Hal ini dikarenakan asupan progesteron yang tak cukup, saat Anda menjalani terapi. Terapi estrogen sendiri sering dilakukan untuk mengatasi beberapa kondisi, seperti osteoporosis setelah menopause dan juga gangguan pada kulit genital. Pastikan saja asupan progesteron tetap terjaga saat melakukan terapi estrogen ini.

  1. Sindrom Ovrium Poliklistik

Sindrom ovarium polikistik adalah gangguan hormonal, yang menyebabkan terjadinya pembesaran ovarium. Salah satu ciri dari kondisi ini adalah tak teraturnya haid wanita di masa suburnya, serta kesulitan untuk hamil. Wanita dengan sindrom ini memiliki siklus haid yang lebih panjang atau malah masa haidnya lebih panjang. Untuk mempermudah mendeteksi sindrom ini, manfaatkanlah kalender haid.

Dengan adanya kalender haid, Anda akan lebih mudah untuk melihat jalannya siklus haid setiap bulannya. Anda bisa melihat apakah masa haid Anda lebih lama dibanding waktu normal atau mungkin berlangsung secara tak beraturan. Deteksi dini atas ketidakteraturan haid yang Anda alami, bisa membantu Anda untuk memulihkan sindrom ovarium polikistik yang Anda derita.

Obesitas, terapi hormon estrogen dan juga sindrom ovarium polikistik, memang dikenal sebagai pemicu dari kondisi menebalnya dinding rahim. Jika Anda ingin terhindar dari penebalan dinding rahim, sebisa mungkin Anda tentu harus menghindari 3 kondisi tersebut. Jangan sampai Anda membiarkan saja kondisi tersebut, hingga nantinya dinding rahim yang menebal bertransformasi menjadi kanker.

Leave a reply "Dikenal Sebagai Pre-Kanker, Ini 3 Pemicu Menebalnya Dinding Rahim"