Fungsi Akuntansi Wajib Anda Ketahui

No comment 179 views
build_links(); ?>

Aplikasi Akuntansi

Aplikasi Akuntansi merupakan terobosan baru untuk memudahkan seseorang khususnya pengusaha untuk mempermudah dalam akuntansi. Akuntansi merupakan proses atau aktivitas dalam mengidentifikasi, mencatat, mengolah, mengklasifikasi dan menyajikan data yang berkaitan dengan keuangan. Kini pembukuan akuntansi tidak lagi dilakukan secara manual tetapi otomatis melalui aplikas. Fungsi akuntansi sendiri beraneka ragam yang sangat penting untuk membantu memperlancar sebuah usaha.

Beberapa Fungsi adanya Akuntansi

1. Merekam Catatan Transaksi

Fungsi pertama dari akuntansi yaitu untuk merekam catatan transaksi atau sering disebut recording report secara sistematis dan kronologis (sesuai waktu). Sebelum hadir Aplikasi Akuntansi, pencatatan akuntansi dilakukan secara manual dan tidak jarang terjadi sebuah kesalahan. Namun hadirnya aplikasi mampu meminimalisir kesalahan yang terjad.

2. Melindungi Properti dan Aset

Akuntansi berfungsi untuk melindungi properti dan aset. Adanya akuntansi juga untuk menghitung jumlah penyusutan aset yang sebenarnya yaitu dengan memanfaatkan metode yang tepat. Tidak hanya akuntansi untuk perusahaan besar saja, tetapi fungsi akuntansi ini pun juga untuk Akuntansi Ukm.

3. Meeting Legal

Akuntansi berfungsi untuk meeting legal karena akuntansi berhubungan dengan perancangan dan pengembangan sistem pada suatu perusahaan. Langkah ini sebagai salah satu sistem untuk memastikan bahwa catatan dan laporan hasil selalu memenuhi persyaratan hukum.

4. Mengkomunikasikan Hasil

Fungsi akuntansi yang lainnya yaitu untuk mengkomunikasikan suatu hasil dari transaksi yang dicatat ke semua pihak yang tertarik. Misalnya mengkomunikasikan kepada investor, karyawan, peneliti, kreditor, peneliti dan lain-lain.

5. Membuat Ringkasan

Adanya akuntansi berfungsi untuk membuat ringkasan keuangan suatu usaha. Karena akuntansi merupakan kegiatan meringkas dimana melibatkan penyajian data rahasia yang disampaikan dengan lebih mudah dimengerti. Ringkasan ini bermanfaat untuk internal maupun eksternal pengguna akhir. Adanya akuntansi akan memudahkan pengusaha dalam menyusun neraca saldo, laporan laba rugi dan neraca.

6. Menganalisis dan Menafsirkan

Dari kegiatan akuntansi keuangan suatu usaha memudahkan pemilik atau pengusaha untuk menganalisis dan menafsirkan data keuangan. Data keuangan akan dianalisis dan di interprestasikan agar lebih mudah dipahami. Sehingga kegiatan ini akan  membantu perusahaan dalam membuat penilaian berkatan dengan keuangan dan operasional bisnis.

7. Mengklarifikasi

Akuntansi juga fungsi sebagai jalan untuk mengklarifikasi terkait dengan analisis sistematis dari seluruh data yang tercatat. Klarifikasi sendiri akan memudahkan pengusaha dalam mengelompokkan jenis transaksi atau entri.

Fungsi akuntansi yang beraneka ragam menjadikan usaha besar hingga kecil pun akan melakukan pencatatan akuntansi. Dalam pencatatan ini dilakukan dengan cara yang berbeda-beda baik manual maupun otomatis.

Kini telah hadir Aplikasi Akuntansi Bukukas yang akan mempermudah pengelolaan akuntansi baik perusahaan kecil maupun besar. Didalamnya terdapat berbagai fitur menarik yang dapat Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Tidak hanya fiturnya saja yang lengkap, tetapi aplikasi Bukukas ini memiliki tampilan yang simple tetapi berkelas sehingga siapapun dapat menggunakannya dengan mudah.

Leave a reply "Fungsi Akuntansi Wajib Anda Ketahui"