Gado Gado, Makanan Tradisional yang Sarat Nutrisi

1 comment 1623 views
build_links(); ?>

Anda penyuka gado gado? Mau tahu apa saja nutrisi yang ada dalam satu porsi makanan tradisional favorit anda tersebut? Yuk, simak artikel berikut dan temukan jawaban mengenai berbagai nutrisi yang bias anda peroleh dari makanan asli Jawa Timur ini.

Gado Gado Gado gado sendiri sebenarnya merupakan masakan tradisional yang sekilas mirip dengan rujak. Hanya saja yang membedakan antara keduanya adalah saus atau kuah kacangnya. Sebagai pelengkap, gado gado menggunakan saus kacang yang mengandung sedikit santan dan gula merah, sedangkan rujak menggunakan campuran kacang, petis dan cuka.

Sementara itu, seperti yang sudah sempat disinggung di awal, masakan tradisional yang seringkali ditemukan di daerah Surabaya dan sekitarnya ini mengandung banyak nutrisi penting. Sebut saja vitamin C yang diperoleh berkat perasan air jeruk nipis yang ada dalam saus kacangnya.

Selain vitamin C, anda juga bias memperoleh asupan kalori dalam jumlah yang cukup lewat beberapa potong lontong dan irisan kentang rebus. Ada juga lemak nabati dari saus kacang, vitamin A dari tomat dan selada, dan vitamin E dari kecambah.

Dengan banyaknya nutrisi yang dapat anda peroleh dari masakan tradisional ini, maka menjadikannya sebagai makanan favorit tentunya belum cukup. Sesekali anda bias mencoba menghidangkannya sendiri di rumah untuk keluarga tercinta. Selain memperoleh asupan nutrisi yang cukup, anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk jajan di luar.

Cara pengolahan gado-gado cukup mudah, yakni sayur-sayuran yang disebut diatas direbus lalu campur menjadi satu. Tidak lupa, siraman saus dari kacang tanah yang sudah dihaluskan semakin menambah rasa nikmat di lidah penikmatnya. Berikut adalah cara mudah membuatnya di rumah:

  1. Pertama, siapkan bahan, antara lain kacang panjang, selada keriting, tomat merah, kol, mentimun, kentang rebus dan wortel. Selain itu, iris tempe kotak-kotak lalu goreng. Rebus telur 3 butir lalu potong menjadi dua bagian.
  2. Kedua, siapkan bahan untuk saus, antara lain cabai merah 3 buah, bawang putih 5 siung, kacang tanah 250 gram, air asam jawa 3 sendok makan, minyak sayur 2 sendok makan, daun jeruk purut 5 lembar, garam 1 sendok teh, santan 500 ml, dan gula merah 50 gram.
  3. Siapkan bahan yang terdiri dari sayuran yang sudah direbus maupun tempe yang sudah digoreng diatas piring, tatarapi. Lalu siramkan bumbu kacang yang sudah dihaluskan diatasnya. Mudah, bukan? Selamat mencoba.
  1. author

    leo3 years ago

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” Gado Gado, Makanan Tradisional yang Sarat Nutrisi “.
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia by Universitas Gunadarma

    Reply

Leave a reply "Gado Gado, Makanan Tradisional yang Sarat Nutrisi"