Gejala Penyakit Disentri dan Cara Pencegahannya

No comment 696 views
build_links(); ?>

Gejala Penyakit Disentri

Disentri adalah sebuah penyakit yang menyerang bagian usus yang disebabkan karena adanya infeksi bakteri sehingga si penderita akan mengalami BAB berdarah dan berlendir. Selain itu rasa penderita disentri juga biasanya akan mengalami masalah kram dibagian perut serta disertai dengan rasa mual dan muntah yang cukup hebat.

Meskipun tidak termasuk penyakit mematikan, namun disentri tetap harus diwaspadai, terlebih jika penyakit tersebut terjadi pada anak-anak. Sebab, disentri dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi karena cairan yang terus keluar melalui proses BAB, jika disentri tidak segera diatasi, maka dapat memicu munculnya permasalahan yang lebih serius. Maka dari itu, bagi penderita disentri yang cukup akut, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan secara medis dirumah sakit, sehingga masalah dapat segera teratasi.

Berdasarkan penyebabnya disentri dapat disebabkan oleh 2 hal, yang pertama karena infeksi bakteri dan yang satunya karena amoeba. Namun pada iklim tropis seperti di Indonesia, yang sering terjadi adalah disentri yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Untuk lebih jelasnya mengenai penyakit ini, berikut gejala penyakit disentri yang mesti Anda waspadai:

Gejala Awal

Disentri ditukarkan melalui udara, gejala awal seseorang menderita disentri adalah munculnya rasa mual dengan intensitas yang sering dan disertai dengan muntah. Selain itu, BAB yang terus-menerus dan disertai dengan darah, nanah ataupun lendir. Kemudian akan dibarengi dengan sakit dibagian perut, pendarahan pada bagian anus karena luka akibat BAB yang tidak terkontrol. Dan terakhir akan menurunkan nafsu makan dan berat badan menjadi turun.

Gejala Akut

Jika gejala awal disentri tidak mendapatkan penanganan selama 10 hari, maka akan lanjut ke gejala akut yang ditandai dengan perut terasa sakit dan disertai dengan pembengkakan. Kemudian tubuh menjadi demam dan terasa lemas, mual dan muntah yang terjadi terus-menerus dan jika penyakit semakin serius maka akan muncu penyakit kuning.

Jika Anda mengalami tanda-tanda diatas, maka segera lakukan penanganan medis jika tidak ingin menjadi fatal. Namun sebelum penyakit disentri menyerang Anda, ada baiknya lakukan pencegahan sedini mungkin, caranya cukup mudah:

  • Karena disentri menyebar melalui udara, maka baiknya jaga selalu kebersihan lingkungan terutama dari sampah yang telah membusuk;
  • Pastikan makanan/minuman yang Anda konsumsi bersih dan sudah dimasak;
  • Hindari mengkonsumsi makanan/minuman yang belum dimasak;
  • Pisahkan makanan yang mentah dan matang diwadah yang terpisah dan tertutup rapat;
  • Selalu cuci tangan dengan sabun pencuci anti bakteri sebelum dan setelah makan;
  • Cuci tangan dengan sabun setelah buang air besar;
  • Gunakan perlengkapan mandi/pakaian masing-masing, jangan disatukan dengan anggota keluarga yang lain untuk mencegah penularan penyakit jika mungkin terjadi;
  • Selalu cek kesehatan Anda secara berkala pada dokter.

Leave a reply "Gejala Penyakit Disentri dan Cara Pencegahannya"