Hal-hal yang Bisa Dilakukan Oleh Bayi Usia 4 Bulan

1 comment 419 views
Bayi Usia 4 Bulan

Mengamati pertumbuhan bayi mulai dari usia 0 bulan memang sangat menyenangkan. Ibu pastinya akan mengalami banya hal mulai dari yang paling membahagiakan hingga yang paling menyebalkan. Itu semua adalah tahapan yang pasti dirasakan oleh setiap orang tua yang memiliki bayi. Apalagi ketika sudah memasuki usia bayi 4 bulan. Akan lebih banyak hal baru lagi yang pasti akan membuat Ibu semakin bahagia saat bersama si kecil.

Nah, apakah bayi ibu sudah memasuki usia 4 bulan? Jika sudah, berarti bayi Ibu seharusnya sudah melakukan hal-hal seperti ini:

  1. Berat Badan Meningkat

Hal utama yang pasti akan Ibu rasakan saat bayi berusia 4 bulan adalah berat badan yang meningkat secara bertahap. Biasanya badan bayi akan berbobot berkisar 5,6 – 8,6 Kg untuk bayi laki-laki. Sedangkan bila bayi Ibu adalah perempuan, maka bobot ideal akan mencapai 5,1 – 8,1 Kg. Jadi jika Ibu rasa bobot bayi pada usia ini tidak mengalami perubahan (kelebihan) maka sebaiknya segera konsultasikan pada dokter anak untuk mendapatkan penanganan terbaik.

  1. Kemampuan Motorik

Bayi 4 bulan juga seharusnya sudah mulai mampu meraih benda-benda yang berada disekitarnya. Maka dari itu, tempat duduk bayi (bouncer) akan sangat membantu agar bayi dapat lebih aktif lagi untuk meraih mainan yang tergantung di atas bouncer. Mainan tersebut dapat membantu mengkoordinasi antara tangan dan matanya, sehingga motoriknya akan semakin baik lagi.

Selain itu bayi juga sudah mulai mengenal vokal atau kata-kata dasar yang didengarnya dari orang tua. Namun meskipun ia belum mampu mengidentifikasi kata-kata tersebut, si kecil akan tetap bersemangat dan akan mengingat dengan baik didalam otaknya. Kata (vokal) seperti “Pa-pa”, “Ya-ya”, “Ma-ma” akan mulai terucap dari mulutnya, meskipun belum terdengar dengan jelas, itu berarti kemampuan motoriknya sudah siap untuk mengenal vokal-vokal lainnya. Jadi sering-seringlah komunikasi dengan si kecil, dengan kata-kata sederhana lainnya.

Hal lainnya yang mampu dilakukan oleh bayi terkait dengan kemampuan motorik ini adalah:

  • Matanya sudah mampu mengikut pergerakan suatu benda dari satu tempat ke tempat lainnya;
  • Dapat menegakkan kepalanya sendiri tanpa perlu dibantu oleh orang tua;
  • Sudah bisa membalikkan badannya dari posisi tengkurap ke posisi telentang, atau sebaliknya. Kemampuan ini juga bisa dilakukan si kecil saat ia diposisikan tengkurap. Bayi akan mampu menegakkan tangan dan kakinya serta melengkungkan punggung walau hanya sesaat saja. Sebaiknya Ibu tak perlu khawatir memposisikan bayi seperti ini, karena manfaatnya sangat baik. Leher dan kepalanya akan kuat, sehingga bayi akan lebih cepat duduk;
  • Jika bayi diberdirikan, maka kakinya akan berusaha untuk menjejak-jejak. Seperti ingin segera berjalan;
  • Saat akan digendong (diangkat) dari tempat tidur, bayi usia 4 bulan sudah mampu menegakkan kepala dan pundaknya sendiri;
  • Bayi sudah siap untuk dilatih duduk dengan cara disangga dibadan orang tuanya, karena pada usia ini, tulang belakang sudah mulai menguat.

Dan satu hal lagi yang perlu Ibu ketahui adalah di usia bayi 4 bulan ini, ia sudah mampu berguling-guling dengan sendirinya. Ini menandakan jika bayi Ibu sehat secara motorik. Namun kemampuan ini juga harus di waspadai, karena bisa saja bayi akan terbentur dinding atau jatuh dari tempat tidurnya. Sehingga Ibu perlu memberikan pengaman tambahan pada sisi-sisi tempat tidur untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi.

  1. author

    antzbeez4 weeks ago

    mesti bener2 ekstra dijaga yah saat perkembangan di 4 bulan.. lucu 😀

    Reply

Leave a reply "Hal-hal yang Bisa Dilakukan Oleh Bayi Usia 4 Bulan"