Ide Bisnis Online yang Cocok di Masa Pandemi

No comment 157 views

affiliate marketing

Di masa pandemi seperti sekarang ini, tak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan utamanya. Banyaknya perusahaan yang menutup usahanya lantaran harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah, memaksa pengusaha untuk mengurangi jumlah karyawan hingga batas yang belum ditentukan. Hebatnya lagi, kondisi yang demikian hampir terjadi disegala sektor industri. Namun meskipun keadaan semakin sulit, kita tidak bisa terus meratapi keadaan. Kita harus mampu berfikir kreatif agar bisa bertahan dan terus menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk menghidupi diri dan keluarga. Salah satunya adalah dengan memulai menjalankan bisnis online.

Saat ini orang mulai banyak melakukan aktifitas dari rumah, seperti bekerja, sekolah, bahkan berbelanja. Kebiasaan baru ini adalah peluang yang bagus untuk Anda masuki, dengan berbisnis online, Anda bisa menjual apapun yang orang butuhkan secara online tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Bahkan Anda bisa juga berjualan online tanpa perlu memiliki stok barang. Menarik bukan!

Kita tidak dapat pungkiri kemajuan di dalam teknologi internet dalam 5 tahun terakhir ini, memang sangat luar biasa. Banyak media yang bisa digunakan untuk berbisnis online dari rumah. Mulai dari sosial media, hingga marketplace dengan ‘segudang’ kelebihannya. Anda hanya tinggal memilih ingin fokus di mana. Dan tak hanya itu saja, beberapa tahun ini dunia bisnis online juga telah diramaikan dengan hadirnya aplikasi-aplikasi yang membantu pelaku usaha untuk mengonlinekan bisnis kulinernya. Ini juga adalah sebuah celah bisnis yang harus dimanfaatkan dengan baik, karena menurut data yang beredar, nilai transaksi yang terjadi melalui aplikasi seperti ini sangat besar. Jadi peluang bisnis ini sangat mungkin untuk Anda masuki.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai berbisnis online, berikut adalah beberapa ide bisnis online modal minimal dengan hasil maksimal;

  1. Online shop

Online shop merupakan salah satu bisnis online yang paling populer dan dapat dikerjakan dari rumah. Pada prinsipnya online shop mirip sebuah toko konvensional yang segala sesuatunya di listing secara online, baik itu ke sosial media, marketplace, ataupun ke dalam website.

Informasi yang tercantum di online shop juga harus jelas baik harga, spesifikasi, foto, dan segala sesuatu tentang barang yang di listing. Namun barang yang dijual di online shop sebaiknya unik atau sulit ditemukan di toko konvensional, dan tentunya lebih murah. Selain itu barang-barang yang dijual juga mestinya barang-barang yang banyak di cari oleh orang-orang. Sehingga peluang untuk mendapatkan pembeli menjadi lebih besar.

Membangun online shop sebenarnya tidak serta merta gratis. Jika Anda baru memulai di bisnis ini, mungkin Anda harus mengeluarkan sedikit modal untuk promosi secara online. Promosi bisa dilakukan secara online melalui media periklanan milik google. Atau jika Anda membuka online shop di market place, Anda bisa mempromosikan lewat fitur periklanannya tersendiri. Promosi seperti ini memang sangat efektif untuk mendapatkan penjualan. Namun Anda perlu menyesuaikan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  1. Affiliate Marketing

Selain online shop Anda bisa juga menggeluti bisnis affiliate marketing. Affiliate marketing merupakan bisnis online dimana Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk milik orang lain. Intinya disini Anda adalah seorang marketing yang memasarkan produk orang lain. Dengan persyaratan tertentu Anda akan mendapatkan sejumlah rupiah setiap kali ada transaksi yang berasal dari link affiliasi Anda.

Bisnis online affiliate marketing ini sangat luas dan beragam. Nah, salah satu perusahaan lokal yang membuka peluang bisnis ini adalah Accesstrade Indonesia. Sedikit ulasan mengenai Accesstrade Indonesia, melalui platform bisnis online ini Anda berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari 2 cara, yang pertama dari CPC (bayar per klik) dan CPA (bayar tiap transaksi). Penghasilan CPC berasal dari iklan yang tampil di blog/website Anda, jadi ketika iklan Accestrade Indonesia tayang di blog dan mendapatkan klik dari pengunjung blog/website Anda, maka Anda akan mendapatkan sejumlah rupiah darinya. Sedangkan CPA adalah iklan yang tayang dan disertai oleh link affiliasi. Jadi ketika ada pengunjung yang melakukan klik dan melakukan aktifitas tertentu (belanja, nonton video dan sebagainya) barulah Anda akan mendapatkan sejumlah rupiah.

Berbeda dengan online shop, bisnis affiliate marketing ini minim akan modal. Dan dapat dilakukan dari mana saja, yang terpenting Anda sudah memiliki blog sebagai media untuk pemasarannya. Jadi tunggu apa lagi, segera manfaatkan peluang bisnis affiliate marketing sekarang juga.

Leave a reply "Ide Bisnis Online yang Cocok di Masa Pandemi"