Ini Dia Aneka Lauk dan Sayur Khas Masakan Padang

No comment 462 views
build_links(); ?>

Masakan Padang

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Salah satu hasil dari kebudayaan yang beragam itu adalah menu kuliner khas dari berbagai daerah di nusantara. Bahkan ada banyak menu yang sudah mendunia karena kelezatannya, salah satu contohnya adalah masakan padang. Berasal dari masakan khas masyarakat Padang Sumatera Barat, masakan ini kini sudah sangat familiar di lidah siapa saja dan dimana saja. Ada banyak lauk dan sayur yang disediakan di restoran Padang dengan bumbu-bumbu khas ala masyarakat Minang. Apa saja jenis lauk dan sayur yang ada di sana, dan yang mana yang menjadi favorit Anda? berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Rendang

Rendang sekarang sudah terkenal hingga ke seluruh dunia. Hal ini karena rendang pernah menjadi masakan daging paling lezat sejagad di ajang internasional. Daging sapi yang dimasak pedas dengan bumbu rempah dan santan ini akan membuat lidah Anda merasakan rasa gurih daging yang pedas berbumbu.

2. Ayam pop

Ayam pop juga menjadi menu favorit banyak orang di restoran padang. Merupakan ayam tanpa kulit yang biasanya disajikan dalam porsi besar. Ayam ini dimasak tanpa kulit dengan bumbu bawang putih, jeruk nipis, serai dan garam. Cara menghidangkannya dengan sambal pedas sebagai citarasa orang Minang.

3. Gulai usus dan babat

Gulai merupakan salah satu sayur kental yang tersedia di restoran padang. Daging yang dijadikan gulai cukup beragam salah satunya adalah usus yang telah diisi sebelumnya. Selain usus ada juga babat dan daging sapi atau kambing yang dimasak dengan kuah gulai kental dan pedas.

4. Dendeng balado

Masih bercitarasa pedas, balado merupakan bumbu pedas yang sudah banyak dikenal. Dendeng balado merupakan irisan daging sapi yang sudah diolah dan dibumbui dengan bumbu pedas cabe merah.

5. Ikan asam padeh

Terbuat dari ikan tongkol yang dibuat sayur menggunakan kuah asam dan pedas. Warna kuahnya menjadi kuning kemerahan akibat penggunaan cabe merah serta santan dan kunir.

6. Gulai nangka dan daun singkong

Kalau sayuran dan lauk di atas merupakan lauk dan sayur pilihan sesuai selera, maka sayur nangka dan daun singkong ini merupakan sayuran yang selalu disajikan ketika Anda memesan menu nasi padang apapun.

Itulah beberapa lauk dan sayur yang ada di restoran masakan Padang. Kelengkapan jenis sayur dan lauk pada satu restoran dan lainnya bisa berbeda-beda namun pada dasarnya masakan dari Minang menyajikan makanan yang bersantan dan bercitarasa pedas. Meski begitu bagi mereka yang tidak menyukai rasa pedas, restoran padang juga menyediakan ayam bakar atau ayam panggang dengan rasa gurih tanpa sentuhan sambal. Ada juga telur dadar yang lebih tebal dari buatan rumah dengan isian sayur yang cukup banyak.

Leave a reply "Ini Dia Aneka Lauk dan Sayur Khas Masakan Padang"