Ini Penyebab Pusing Saat Hamil

No comment 481 views
build_links(); ?>
Pusing Saat Hamil

 

Pusing saat hamil memang sangat mengganggu sekali. Namun, pusing sudah menjadi suatu hal yang biasa terutama jika sudah memasuki trimester ketiga. Bahkan ada pula sebagian wanita yang mengalami pusing sejak trimester pertama. Akan tetapi, pusing bukan sesuatu hal yang perlu Anda khawatirkan, karena sebenarnya masalah kesehatan ini dapat dicegah sejak awal kehamilan.

Pusing sebenarnya dapat hilang begitu saja seiring bertambahnya usia kandungan. Nah, yang jadi masalahnya adalah ketika pusing sering diiringi dengan rasa mual. Tentu jika sudah seperti ini, Anda butuh waktu istirahat yang cukup. Sebab, jika kondisinya sudah seperti ini, dapat berbahaya bagi Anda, bila Anda paksakan untuk terus beraktifitas.

Lantas tahukah Anda mengapa bisa terjadi pusing di saat hamil? Untuk mengetahui penyebab, silahkan simak ulasannya berikut ini.

  1. Anemia

Ibu hamil memang sangat rentan kehilangan zat besi (Anemia). Zat besi ini diperlukan oleh sel darah merah untuk mengangkut oksigen menuju otak. Jika suplay zat besi ini kurang, maka darah tidak bisa membawa oksigen menuju otak, sehingga otak akan kekurangan oksigen yang menimbulkan rasa pusing yang hebat.

Maka dari itu, Ibu hamil sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi sumber-sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi. Misalnya dengan mengkonsumsi sayuran dan juga ikan-ikanan.

  1. Kurang energi

Energi dapat diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti dan lainnya. Kekurangan energi terlebih saat hamil, dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan pusing. Idealnya sih Ibu hamil, harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohirat minimal 3 jam sekali. Sehingga dengan begitu dapat menekan rasa mual dan pusing di kepala. Dan jangan lupa untuk selalu menyediakan camilan sehat agar kondisi fisik tetap terjaga.

  1. Dehidrasi

Tak Cuma lapar saja yang bisa menyebabkan pusing. Kekurangan cairan atau dehidrasi juga bisa menjadi faktor lain mengapa ibu hamil mengalami pusing-pusing. Janin dalam kandungan membutuhkan banyak cairan untuk mendukung perkembangan organnya. Kebutuhan janin tersebut, diperoleh dari tubuh Ibu, sehingga Ibu sangat mudah kehilangan cairannya.

Selain itu, dehidrasi juga bisa disebabkan karena keringat yang berlebih saat hamil. Maka dari itu, untuk mencegah pusing terjadi, maka Ibu harus lebih sering mengkonsumsi air, minimal 10 gelas per hari.

  1. Berdiri tiba-tiba

Berdiri secara tiba-tiba dapat juga menjadi penyebab timbulnya pusing di kepala. Hal ini dikarenakan ketika Ibu duduk, darah mengumpul pada satu titik di kaki. Pada kondisi seperti ini, kemudian Ibu berdiri secara tiba-tiba, maka aliran darah ke janung menjadi terhambat, sehingga tekanan darah pun menjadi tidak normal (turun). Nah, untuk mencegah pusing terjadi, maka sebaiknya berdirilah secara perlahan, agar aliran darah tidak terganggu.

  1. Berdiri terlalu lama

Jika sebelumnya berdiri secara tiba-tiba dapat membuat pusing, maka berdiri terlalu lama pun bisa menyebabkan hal yang sama. Hal itu dikarenakan pada saat berdiri, darah berkumpul pada satu titik, sehingga supply daerah ke otak terhambat. Maka dari itu, saat hamil biasakanlah untuk lebih sering duduk ketimbang berdiri. Dan bisa juga dengan cara menghentak-hentakkan kaki bila sudah berdiri terlalu lama. Gerakan itu dapat membuat aliran daerah di kaki menjadi normal.

Itulah beberapa sebab mengapa Ibu hamil sering mengalami pusing. Pastinya masih ada banyak lagi yang menjadi penyebabnya. Namun khusus untuk yang satu itu, akan kita bahas di lain kesempatan.

Leave a reply "Ini Penyebab Pusing Saat Hamil"