Inidia Perlengkapan Kebutuhan Bayi Baru Lahir dan Cara Merawat Bayi Yang Harus Anda Ketahui

build_links(); ?>

Perlengkapan Kebutuhan Bayi Baru Lahir

Kelahiran seorang anak pastinya merupakan sebuah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para orangtua. Karena dengan kelahiran anak, bisa membuat suasana di rumah menjadi lebih hangat karena akan ada tangisan serta tawa sang bayi. Namun sebelum melahirkan, alangkah baiknya jika bunda mengetahui kebutuhan-kebutuhan bayi yang harus dipersiapkan. Berikut daftar perlengkapan bayi baru lahir dan cara merawat bayi.

  1. Baju Bayi

Dalam hal ini anda harus menyiapkan 2 jenis baju bayi, yaitu baju bayi lengan pendek dan lengan panjang. Dan sedikitnya anda harus menyiapkan 12 buah baju untuk masing-masing jenisnya. Baju bayi tangan panjang akan lebih nyaman jika digunakan pada saat cuaca dingin, sedangkan baju lengan pendek bisa digunakan pada saat cuaca panas. Karena baju bayi ini tidak sama dengan popok atau kain bedong yang basah bila bayi kencing atau BAB, tetapi kalau baju biasanya bisa basah karena bayi sedang muntah atau keluar keringat yang berlebih, oleh sebab itu dalam sehari anda hanya perlu menyediakan 2-3 baju saja.

  1. Diampers

Pada saat cuaca dingin atau musim hujan biasanya bisa membuat bayi sering kencing. Makanya untuk menjaga kenyamanan bayi, penggunaan diamper bisa menjadi solusi supaya bayi anda tetap nyaman dan tidur lelap. Sebaiknya gunakan diampers yang bisa dibuka tutup jangan tipe celana, karena hal ini bisa memudahkan anda untuk membersihkan bayi pada saat kencing atau BAB. Perlu anda ketahui bahwa pada sebagian bayi yang memiliki kulit sensitif, penggunaan diampers ini kadang bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Oleh sebab itu gunakanlah diampers seperlunya saja jangan terlalu sering.

Cara Merawat Bayi

  1. Selalu Cuci Tangan Dan Kaki

Untuk menjaga kesehatan anak, bunda bisa membiasakan untuk menjada kebersihan sang anak seperti membiasakan anak untuk mencuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun. Karena hal tersebut merupakan salah satu cara yang sangat penting untuk dilakukan pada anak yang sangat aktif dalam memegang hal-hal baru, yang mempunyai berbagai sumber penyakit yang berasal dari tangan bayi yang kotor. Dengan begitu, sang bunda harus ekstra memperhatikan bayi untuk menjaga kebersihan tangan dan kakinya.

  1. Istirahat Yang Cukup

Pada bayi usia 1 sampai 2 tahun membutuhkan waktu tidur kurang lebih 12 sampai 14 jam setiap harinya, istirahat yang cukup sangat penting dan mempunyai manfaat yang bisa menjaga metabolisme tubuh, menghindari dari penyakit, membantu untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, dan juga dapat menjaga daya ingat bayi. Selain itu juga, bayi dianjurkan untuk tidur 2 kali setiap harinya yaitu tidur siang sekitar 2 jam dan tidur malam sekitar 10 jam.

  1. Menjaga Kebersihan Gigi

Rajin menggosok gigi juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dari karies dan karang gigi, mulut yang kotor dapat terjangkit dari penyakit dan dapat menimbulkan bakteri. Sehingga pada usia batita sudah dianjurkan untuk menggososk gigi 2 kali sehari yaitu di pagi hari dan sebelum tidur dengan menggunakan sikat gigi khusus untuk batita yang mempunyai tekstur yang lembut dan kecil, dengan menggunakan pasta gigi sesuai jumlah yang dianjurkan.

  1. Jangan Lupa Minum

Selain harus menjaga asupan makanan, sama pentingnya juga dalam memberikan asupan cairan yang dapat menghindari anak dari dehidrasi yang bisa didapatkan dari air putih, jus, susu, buah-buahan dan lain-lainnya. Untuk memberikan asupan cairan bunda harus membiasakan untuk memberi minum sang anak setiap habis makan atau juga bisa sejam sekali, bunda juga bisa mengkombinasikan air putih dan jus buah favorit anak bunda.

Bagaimana anda sudah siap menjadi orang tua? Semoga dengan informasi ini anda menjadi lebih siap dan mantap untuk menjadi orang tua yang baik.

Leave a reply "Inidia Perlengkapan Kebutuhan Bayi Baru Lahir dan Cara Merawat Bayi Yang Harus Anda Ketahui"