Inilah Alasan Mengapa Saya Ngeblog?

No comment 128 views
build_links(); ?>

Jika ditanya alasan mengapa Saya ngeblog? mungkin artikel yang Saya tulis ini tidak akan cukup untuk membahasnya. Sebab, akan ada banyak sekali alasan mengapa Saya ngeblog sampai dengan saat ini.

Alasan Saya Ngeblog

 

Awalnya, Saya mengenal dunia blog itu sejak tahun 2008, dimana pada waktu itu platform blog yang pertama sekali Saya gunakan adalah blogspot.com, typad dan juga wordpress.com. Kalau soal isi kontennya, mungkin kalau dibandingkan dengan sekarang sungguh sangat tidak relevan lagi. Karena pada tahun itu, Saya sama sekali belum tau apa manfaat “lebih” dari ngeblog. Kalau Saya ngeblog, itu hanya sekedar coba-coba dan konten yang dibuat pun kebanyakan berisi konten download serta lirik-lirik lagu saja.

Adapun konten blog lainnya yang pernah Saya buat di masa itu adalah blog curhat-curhat-an yang isinya tentu tidak karuan. Tapi kebayangkan gimana reportnya ngeblog di masa lalu, sebab informasi terkait dunia blog saat itu masih sangat minim sekali. Andai pun ada, yah itu tidak serta merta bisa diperoleh secara gratis. Untuk mendapatkan ilmu ngeblog, bahkan untuk sekedar membuat blog yang bagus dari segi tampilan dan kontennya, kita harus membayar dengan nominal yang cukup lumayan untuk menjadi member sebuah situs, agar bisa memiliki materi tips-tips ngeblog (*.pdf) yang biasanya dikirimkan dalam bentuk CD/DVD.

Ditambah lagi akses internet pada masa itu belum sebaik dan semudah sekarang ini. Koneksi internet masih menggunakan bluetood, yang terkadang untuk dapat terhubung harus melakukan sejumlah setting-an yang merepotkan, melalui command prompt atau CMD, itupun kecepatan internet yang diperoleh masih sangat minim.

Namun seiiring perkembangannya, pada tahun 2010, disitu lah awal pertamanya Saya menjadi member di sebuah situs dan belajar membangun dengan serius blog vellimarwan.com ini yang awalnya domain tersebut Saya beli di www.domainesia.com/domain. Sejak saat itu, blog Saya semakin berkembang dan bertahan hampir 10 tahun lamanya di ‘jagat maya’.

Lantas apa sih sebenarnya alasan Saya untuk terus ngeblog sampai dengan saat ini? Untuk menjawab pertanyaan ini berikut ulasan selengkapnya.

  1. Melatih Ketrampilan Dalam Menulis

Jika ditanya alasan menulis, mungkin kebanyakan blogger termasuk Saya pasti jawabannya adalah untuk melatih diri agar semakin terampil dalam menyusun kata, sehingga menjadi sebuah tulisan yang enak untuk dibaca.

Apalagi sejak masih sekolah dulu, Saya sangat senang menulis cerita pendek dan membagikannya kepada teman-teman. Sehingga masih terbawa-bawa sampai dengan saat ini. Beruntung teknologi sekarang sudah semakin canggih, yang dulunya Saya hanya bisa menulis diatas kertas kemudian diperbanyak dengan di fotocopy. Kini dengan media blog, Saya lebih bisa bercerita lebih banyak dan dalam sekejap bisa dinikmati oleh ribuan orang sekali publish.

  1. Menambah Teman

Ngeblog juga merupakan aktifitas yang sangat ampuh untuk mendapatkan sejumlah teman yang memiliki hobi yang sama. Saat ini Saya mengikuti beberapa komunitas blogger yang ada di kota Saya. Dari situ Saya juga belajar banyak tentang cara-cara menjadi blogger yang baik dengan membuat konten-konten positif.

Sesekali Saya juga di undang untuk menghadiri event-event yang mengundang blogger sebagai tamunya. Informasi event ini juga sering Saya dapati dari temen blogger lainnya. Selain dapat meningkatkan eksistensi diri, event seperti ini biasanya dapat memberikan income tambahan, yah walaupun nominalnya terkadang hanya cukup untuk membayar sewa hosting dan domain. Tapi lumayanlah!

  1. Sebagai Sumber Penghasilan

Yang paling menarik dari hobi ngeblog ini adalah benefit yang diperoleh yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bahkan jadi penghasilan utama. Caranya bisa bermacam-macam, bisa dengan menjadi publisher di Google Adsense, ataupun dari job menulis artikel (blog placement) dan menerima sejumlah pembayarannya setelahnya. Dari sini Saya bisa mendapatkan penghasilan yang bahkan nominalnya lebih bersar berkali-kali lipat dari gaji offline Saya sendiri.

Leave a reply "Inilah Alasan Mengapa Saya Ngeblog?"