Inilah Beberapa Gejala Demam Berdarah Yang Harus Anda Ketahui

build_links(); ?>
Gejala DBD

 

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa demam berdarah alias DBD merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan. Hal itu pun terbukti, angka kematian akibat penyakit DBD ini terbilang cukup tinggi lho. Penyakit demam itu sendiri dikarenakan adanya penyebaran virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti dan aedes albocpictus, yang selalu berkembang biak pada daerah-daerah yang lembab. Sedari itu, kita harus senantiasa membersihkan rumah dan buanglah botol-botol yang ada disekitar rumah. Biasanya, kebanyakan pasien yang menderita penyakit demam berdarah ini adalah kalangan anak-anak. Namun, tak sedikit juga orang-orang dewasa yang terjangkit penyakit yang satu ini. Sebagai bentuk antisipasinya, kita harus mengetahui gejala DBD. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Demam Tinggi yang Terjadi Secara Mendadak

Pada dasarnya, kondisi demam ini sering kita jumpai pada berbagai jenis penyakit. Akan tetapi, berbeda dengan demam yang terjadi pada penyakit DBD, dimana kondisi demam tersebut akan terjadi secara mendadak. Perbedaan yang cukup menonjol dari gejala demam biasa dengan gejala demam DBD, yakni terdapat pada angka celciusnya. Ya, gejala demam DBD ini biasanya akan mencapai 40 celcius. Berbeda dengan gejala demam biasa, yang akan disertai dengan batuk dan bersin-bersin. Menurut para medis, gejala demam DBD ini akan berlangsung selama 2 sampai 7 hari.

  1. Rasa Nyeri di Bagian Otot

Setelah gejala demam berdarah seperti diatas tadi terjadi, maka si penderita akan merasakan nyeri pada bagian otot dan sendi. Di samping itu, kondisi ini juga akan disertai dengan tubuh yang menggigil dan berkeringat. Jika anda mengalami hal yang seperti demikian, maka segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Rasa Sakit Kepala Yang Amat Sangat

Gejala demam berdarah berikutnya yang harus anda ketahui, yakni adanya rasa sakit kepala yang terasa sangat menyakitkan. Selain itu, rasa sakit kepala ini juga akan disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian belakang mata. Rasa sakit di kepala dan bagian belakang mata ini merupakan gejala umum yang sering terjadi.

  1. Mual dan Muntah-muntah

Ada sebagian penderita yang memiliki masalah pencernaan yang ditandai dengan adanya rasa mual dan muntah-muntah. Tak hanya itu saja, bagian perut dan punggung si penderita juga terasa sangat tidak nyaman. Biasanya, kondisi ini akan berlangsung selama 2 sampai 4 hari.

  1. Kelelahan

Gejala terakhir dari penyakit demam berdarah yang harus anda ketahui, yakni tubuh yang menjadi kelelahan. Ya, hal itu dikarenakan adanya nyeri otot dan gangguan pencernaan, sehingga akan kehilangan nafsu makan. Selain itu, kondisi tersebut juga dikarenakan melemahnya system imun tubuh.

Tiga Fase Demam Berdarah Yang Harus Anda Ketahui :

  1. Fase Demam

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa penderita DBD akan mengalami demam mendadak yang berlangsung selama 2 sampai 7 hari.

  1. Fase Kritis

Banyak yang terkecoh oleh fase kritis, dikarenakan demam yang sudah menurun sehingga si penderita merasa bahwa dirinya sudah sembuh.

  1. Fase Penyembuhan

Jika pasien demam berdarah telah melewati fase kritis, maka ia akan memasuki fase penyembuhan.

Itulah beberapa gejala dan fase demam berdarah yang harus anda ketahui, dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

Leave a reply "Inilah Beberapa Gejala Demam Berdarah Yang Harus Anda Ketahui"