Jenis-Jenis Izin Usaha yang Perlu Anda Ketahui

No comment 778 views
build_links(); ?>

Jenis-Jenis Izin Usaha

Mendirikan sebuah usaha yang legal sesuai dengan peraturan perundang-undangan memang tidak segampang apa yang difikirkan oleh kebanyakan dari kita. Jika tujuan kita mendirikan usaha untuk jangka panjang dan mendapatkan jaminan keamanan serta kenyaman dari pemerintah, tentu ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, seperti telah mengantongi izin usaha dari lembaga yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Meskipun izin untuk mendirikan usaha adalah wajib, namun kondisi dilapangan justru banyak pengusaha yang mengabaikan hal ini. Prosesnya yang berbelit-belit terkadang menjadi alasan klasik mengapa seseorang enggan untuk mengurus surat izin tersebut. Padahal surat tersebut sifatnya sangat penting, agar dikemudian hari si pengusaha tidak berurusan pada proses hukum karena tidak memiliki izin mendirikan usaha.

Nah, bagi Anda yang awam dengan segala bentuk perizinan seperti ini, ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui terkait dengan jenis-jenis izin usaha, diantaranya adalah:

1. Izin Usaha Dagang (UD)

Bagi Anda pemilik usaha orang perseorangan (UD) tentu membutuhkan legalitas atas usaha yang Anda jalankan.  Agar usaha Anda SAH menurut hukum, Anda perlu mendaftarkan usaha Anda ke bagian perizinan usaha di kantor Wilayah Departemen Perindustrian dan Perdagangan setempat, dan memperoleh surat izin dagang (UD). Setelah mengantongi surat ini, Anda dapat menjalankan usaha dagang Anda dengan nyaman.

2. Surat Izin Usaha Industri (SIUI)

SIUP merupakan surat perizinan yang dikeluarkan untuk pengusaha menengah kecil yang bergerak dalam bidang industri. Izin ini harus dimiliki oleh usaha yang bermodalkan mulai dari 5 juta s/d 200 juta. Untuk mendapatkan SIUI Anda bisa mengurusnya langsung ke bagian Pelayanan Perizinan Terpadu Tingkat I Provinsi atau BKPM diwilayah masing-masing. Prosesnya sendiri tidak sulit, selama Anda mampu menyediakan dokumen-dokumen perizinan yang diminta, sebelum SIUI dikeluarkan.

3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP merupakan surat izin yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah bagi perusahaan, koperasi, persekutuan maupun perusahaan perseorangan yang ingin menjalankan usaha perdagangan. SIUP dibuat berdasarkan dari domisili perusahaan dan dapat berlaku diseluruh wilayah Indonesia.

SIUP terdiri beberapa bagian sesuai dengan modal usaha yang dijalankan, diantaranya adalah:

  • SIUP Kecil: SIUP ini dikeluarkan bagi perusahaan yang menjalankan usaha dengan modal dibawah 200 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan).
  • SIUP Menengah: SIUP ini diperuntukkan bagi perusahaan dengan modal usaha antara 200 juta s/d 500 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan).
  • SIUP Besar: SIUP yang terakhir diterbitkan bagi perusahaan yang memiliki modal besar, mulai dari 500 juta hingga miliaran rupiah diluar dari tanah dan bangunan.

Leave a reply "Jenis-Jenis Izin Usaha yang Perlu Anda Ketahui"