Kandungan Gizi Penting Pada Susu Ibu Hamil

No comment 1195 views
build_links(); ?>

Kehamilan merupakan sebuah momen yang dinantikan hampir setiap wanita. Banyak wanita yang justru rela melakukan apapun agar dapat hamil meskipun dengan kondisi yang tidak memungkinkan. Misalnya terlalu tua untuk hamil, atau terdapat masalah kesehatan lain yang dapat membahayakan jiwa jika memaksakan diri untuk mengandung. Jadi beruntunglah bagi Anda yang dapat hamil tanpa ada masalah yang berarti, maka dari itu rawatlah kandungan Anda dengan asupan makanan yang bergizi dan didukung dengan susu ibu hamil yang baik untuk pertumbuhan janin.

Susu Ibu Hamil Di masa hamil, wanita membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak mengandung gizi ketimbang saat tidak hamil. Sebab, gizi tidak hanya diserap oleh Ibu saja melainkan gizi juga didistribusikan kepada calon bayi, sehingga kebutuhan gizi meningkat seiring dengan usia kehamilan. Ada banyak gizi yang diperlukan ibu agar proses kehamilan dapat berlangsung dengan baik, salah satunya adalah kebutuhan akan kalsium. Pada masa kehamilan, tubuh Ibu akan lebih mudah letih dan kehilangan kalsiumnya, sehingga dapat menimbulkan pengeroposan tulang (osteoporosis), untuk mencegahnya dibutuhkan asupan makanan yang mengandung kalsium seperti pada pada susu ibu hamil. Kalsium pada susu dapat membantu pembentukan tulang dan menjaga gigi tidak kropos. Selain itu, dengan mengkonsumsi kalsium dapat membantu pertubuhan tulang pada janin, sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Mengkonsumsi susu saat hamil memang sangat disarankan, namun tidak semua jenis susu dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada susu yang tidak diperuntukkan oleh ibu hamil, dan ada susu yang memang diformulasikan khusus untuk ibu hamil. Dari sini, Ibu memang harus betul-betul selektif memilih susu ibu hamil yang sesuai dengan kebutuhan. Cara termudahnya adalah dengan melihat label khusus pada kemasan susu yang akan dibeli. Apakah memang diperuntukkan untuk ibu hamil atau tidak, karena beda susu beda pula kandungan gizinya.

Selain kalsium susu untuk ibu hamil juga seharusnya mengandung lebih banyak gizi. Berikut beberapa kandungan gizi yang seharusnya ada pada susu untuk ibu hamil:

1. Protein

Susu yang bagus untuk ibu hamil juga harus mengandung protein yang cukup tinggi. Protein diperlukan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang terdiri dari otot, tulang, mata, kulit, jantung dan hati. Selain itu protein juga berperan penting dalam membantukan pembetukan sel daerah merah, untuk menjaga caira ketuban dan pembentukan plasenta. Ibu hamil sedikit membutuhkan 60 gr protein setiap hari, jumlah tersebut dapat diperoleh dari susu atau sumber makanan lain yang berbuat dari kacang-kacangan.

2. Vitamin D

Susu yang diperuntukkan pada ibu hamil juga seharusnya mengandung vitamin D yang tinggi. Vitamin D bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsum dalam darah serta untuk membentuk tulang dan jaringan sel ada janin. Selain susu, bahan makanan lain seperti kuning telur, ikan tuna, dan sinar matahari pagi juga mengandung banyak vitamin D untuk memenuhi kebutuhan selama hamil.

3. Zat Besi

Pada saat hamil, tubuh ibu biasanya akan lebih membutuhkan zat besi lebih banyak. Zat besi ini berfungsi untuk membentuk sel darah merah sehingga ibu dan bayi tidak kekurangan darah (anemia). Sedikitnya tubuh memerlukan 30-60 gr zat besi setiap hari yang dapat diperoleh dari daging, ikan, kacang-kacangan, tiram dan sebagainya.

4. Vitamin A

Selain kandungan gizi diatas, susu ibu hamil juga seharusnya mengandung lebih banyak vitamin A. Vitamin A ini berperan penting dalam penbentukan tulang dan jaringan dalam pada janin teruma penglihatannya. Selain itu vitamin A juga berfungsi untuk membentuk enemel pada gusi dan melindungi tubuh dari infeksi. Selain ada pada susu, makanan lain seperti buah-buahan, sayuran, kuning telur dan mentega juga banyak mengandung vitamin A.

Leave a reply "Kandungan Gizi Penting Pada Susu Ibu Hamil"