Kapan Anda Membutuhkan Perawatan Fisioterapis?

No comment 746 views

Fisioterapis

Fisioterapis, mungkin sebagian dari Anda sudah akrab dengan istilah medis yang satu ini. Pada dasarnya fisioterapis merupakan tenaga profesional medis yang bertanggungjawab untuk meningkatkan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional tubuh. Biasanya tindakan fisioterapi dibutuhkan ketika seseorang mengalami gangguan kesehatan berat seperti stroke dan sebagainya. Pada kondisi tersebut tubuh akan kehilangan kemampuan gerak secara normal, untuk mengembalikan kemampuan fungsional tubuhnya maka perlu dilakukan terapi dari sang ahli fisioterapis secara berkala.

Lalu kapan Anda membutuhkan perawatan dari fisioterapis?

Sebenarnya, jika Anda tidak mengalami penyakit atau cedera yang berat, maka Anda tidak membutuhkan perawatan dari fisioterapis. Namun jika tengah mengalami hal-hal seperti ini, maka tenaga fisioterapis akan sangat Anda butuhkan. Sebab merekalah yang dapat membantu Anda dan melatih kemampuan fungsional tubuh Anda, agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut beberapa masalah kesehatan yang membutuhkan penanganan dari seorang fisioterapis.

1. Neurologi

Segala hal yang terkait dengan gangguan neuron (syaraf) akan melemahkan fungsi tubuh. Biasanya ini terkait dengan penyakit stroke, multiple sclerosis, dan penyakti Parkinson. Efek yang ditimbulkan bila seseorang mengalami gangguan neurologi adalah susah bicara, sulit berjalan hingga berkurangnya kembalia tubuh lain seperti tangan dan kaki.

2. Neuromusculoskeletal

Pernah mengalami sakit pinggang yang tak kunjung hilang? Jangan sepelekan hal ini, bisa saja Anda sedang terserang gangguan neuromusculoskeletal, yakni merupakan gangguan pada oto kerangka tubuh, yang menimbulkan rasa nyeri yang hebat pada bagian pinggang dan otot. Jika Anda sedang mengalami ini, sebaiknya untuk memeriksakan diri Anda ke dokter ahli untuk mendapatkan penangan medis atau terapi dari tenaga fisioterapis.

3. Kardiovaskular

Meskipun termasuk dalam penyakit yang sangat mematikan, namun bagi penderita penyakit jantung kronis dapat mencoba fisioterapi untuk meringankan penyakit Anda. Dengan fisioterapi, tak hanya tubuh saja yang mendapatkan penanganan, dan juga akan diajarkan bagaimana cara untuk mengontrol emosi agar Anda lebih tenang dan optimis untuk sembuh dari penyakit tersebut.

4. Respirasi

Yang terakhir adalah Respirasi. Ini merupakan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti asma, paru-paru obstruktif kronis dan kista fibrosis. Meskipun termasuk penyakit yang berat, namun bukan berarti tidak dapat disembuhkan. Untuk meringankan penyakit ini, diperlukan bantuan dari seorang fisioterapis untuk melatih Anda bagaimana cara bernafas, mengontrol gejala seperti batuk-batuk ataupun sesak nafas karena Asma. Jika Anda telah mengusai teknik yang diajarkan oleh fisioterapis, maka Anda akan lebih tenang dan dapat berfikir jernih untuk mengatasi penyakit yang sewaktu-waktu bisa muncul.

Leave a reply "Kapan Anda Membutuhkan Perawatan Fisioterapis?"