Keindahan 5 Tempat Wisata di Wamena ini Akan Membuatmu Terkagum-kagum

Tempat Wisata di Mamena - Lembah Baliem
Lembah Baliem – Salah Satu Tempat Wisata di Wamena Papua
Kota Wamena yang letaknya berada di pedalaman Papua mempunyai tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Kota ini mempunyai lanskap yang liar serta tidak terjamah, sehingga untuk pergi ke Wamena hanya bisa diakses menggunakan jalur udara. Sehingga kamu harus berburu tiket pesawat tujuan Bandar Udara Wamena.

Bagi kamu yang menyukai wisata alam, berkunjung ke Wamena merupakan pilihan destinasi yang tepat. Dan berikut ini kumpulan tempat wisata di Wamena yang bisa kamu kunjungi.

1. Lembah Baliem

Wamena dikelilingi oleh lembah, yang dinamakan lembah Baliem. Setiap awal bulan Agustus, di lembah Balem ini terdapat festival budaya, dan uniknya festival tersebut menjadi festival budaya tertua di Indonesia. Beberapa tahun belakangan ini, Festival Lembah Baliem menjadi agenda rutin. Festival tersebut bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata. Di festival tersebut kamu akan menemukan bermacam ritual budaya mulai dari tari perang hingga mengenai cara memasak tradisional bisa kamu lihat di festival tersebut.Mengenai wisata alamnya, Lembah Baliem mempunyai panorama yang sangat mengagumkan ditambah hamparan rumput hijaunya yang begitu memanjakan mata.

2. Mumi berumur 280 tahun di Distrik Kerulu

Masih di area Lembah Baliem, di sana ada 6 mumi yang diawetkan dengan cara tradisional. Mumi yang paling terkenal terdapat di Distrik Kerulu berusia 280 tahun, nama mumi tersebut adalah Wim Motok Mabel.

Adapun arti dari Wim Motok Mabel sendiri berasal dari kata Wim yang berarti perang, Motok mempunyai arti panglima dan Mabel merupakan nama asli mumi tersebut. Mumi tersebut menjadi incaran para wisatawan serta fotografer. Jika kamu ingin berfoto dengan mumi tersebut, sebaiknya siapkan bujet yang cukup, sebab penduduk setempat kerap kali meminta bayaran yang jumlahnya tidak ditentukan.

3. Telaga Biru

Nggak cuma itu aja, ada pula danau mungil dengan airnya yang berwarna hijau toska. Telaga Biru, begitulah penduduk setempat menyebutnya. Lokasi Telaga Biru ini berada di Distrik Maima. Dari Distrik Maima dilanjutkan menuju lokasi yang membutuhkan waktu 1 jam trekking. Banyak sekali rintangan untuk menuju ke sana. Namun semuanya terbayarkan dengan keindahan Telaga Biru.

Akan tetapi, kamu nggak boleh berenang di danau yang indah ini, sebab Telaga Biru disakralkan oleh masyarakat setempat. Mereka percaya bahwa orang pertama Papua berasa dari Tengah danau tersebut. Konon katanya di dasar danaunya terdapat sebuah honai.

4. Kampung Sekan

Dari sekian banyak tempat keren yang ada di Lembah Baliem, Kampung Sekan merupakan spot tercantik yang harus kamu datangi.  Di kampung ini kamu dapat melihat indahnya Gunung Pugima. Sekitarnya terdapat rumah-rumah adat serta rumput ilalang yang terhampar di depan mata hingga ke lereng gunung. Lanskapnya seakan seperti berada di luar negeri.

5. Pasir putih Desa Aikima

Jika Kampung Sekan mempunyai hamparan ilalang yang indah, kali ini masih di area Lembah Baliem terdapat desa Aikima. Desa yang satu ini mempunyai spot yang sangat unik yakni berupa bukit yang dipenuhi pasir putih. Adanya pasir putih tersebut tentu saja sangat mengherankan, sebab Wamena dan juga Lembah Baliem berada jauh ribuan kilometer dari pantai. Bagaimana bisa ada pasir putih?

Bukit dengan hamparan pasir putih tersebut berada dekat dengan jalan raya. Jaraknya hanya sekitar 15 menit dari kota Wamena. Berdasarkan sains, hamparan pasir putih tersebut ada karena bentukan alam. Dulunya Lembah Baliem merupakan sebuah danau raksasa yang dinamai Wio. Kisaran tahun 1813 terjadi gempa yang mengakibatkan pergeseran serta perubahan geologi.

Itulah 5 tempat wisata di wamena yang mempunyai keindahan luar biasa. Sudah saatnya kamu berburu tiket pesawat murah tujuan Wamena sebagai destinasi liburanmu berikutnya.

Leave a reply "Keindahan 5 Tempat Wisata di Wamena ini Akan Membuatmu Terkagum-kagum"