Kenali Ciri Fisik Air Minum yang Aman

No comment 1517 views
build_links(); ?>

Kenali Ciri Fisik Air Minum yang Aman Air minum sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh. Para pakar kesehatan menyarankan agar minum air putih sebanyak 8 gelas sehari atau sebanyak 2 L. Hal ini tentu agar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sehingga terhindar dari masalah dehidrasi. Dari hasil riset yang pernah dilakukan, meminum air dapat menjaga fungsi otak, sehingga dengan minum air pikiran akan lebih tenang dan kecerdasan pun selalu terjaga dengan baik. Namun jangan sembarangan, air yang Anda minum harus memenuhi kriteria air bersih.

Kualitas air yang baik akan mempengaruhi kehidupan dan kelangsungan hidup. Oleh karena itu kenalilah standard air bersih yang aman untuk digunakan baik dikonsumsi maupun digunakan untuk keperluan lain seperti mandi, kumur-kumur dan mencuci.

Berikut ini adalah kriteria air bersih secara fisik.

Warna

Perhatikan warnanya, air harus jernih tidak boleh berwarna kekuning-kuningan atau keruh. Air yang berwarna atau keruh menunjukkan air tersebut telah tercemar oleh bahan-bahan organik dan butiran tanah liat yang sangat halus. Air ini akan berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

Bau

Air bersih tidak boleh berbau busuk. Bau busuk pada air menunjukkan bahwa di dalam air tersebut sedang terjadi pembusukan atau penguraian zat organik seperti bakteri oleh mikroorganisme air.

Rasa

Air bersih tidak boleh memiliki rasa asam, manis, asin atau pahit. Air harus tawar atau tidak ada rasanya. Rasa dalam air menunjukkan bahwa adanya kandungan zat organik atau bakteri yang berbahaya jika ikut terminum.

Zat Kimia

Pastikan bahwa air yang Anda gunakan tidak mengandung zat kimia yang berbahaya seperti timbal, arsen, nitrat, raksa dan bahan radioaktif lainnya agar aman digunakan.

Jika air yang Anda gunakan telah memenuhi kriteria air bersih sebaiknya sebelum digunakan sebagai air minum, air tersebut dimasak terlebih dahulu agar aman diminum. Selain memperhatikan air minum, air bersih juga penting untuk mencuci peralatan makan dan minum seperti piring dan gelas. Air yang kotor dapat menimbulkan resiko bakteri dan zat kimia lainnya yang berbahaya dapay melekat pada peralatan makan dan minum Anda. Akibatnya bakteri dan zat tersebut beresiko masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan yang dimakan ataupun air yang diminum.

Leave a reply "Kenali Ciri Fisik Air Minum yang Aman"