Kenapa Orang Puasa Mulutnya Bau

2 comments 2158 views
build_links(); ?>

obat bau mulutKenapa orang puasa mulutnya bau? Mungkin inilah pertanyaan yang sering ada di benak kita saat menjalani Ibadah puasa. Bau mulut yang terjadi ketika puasa sebenarnya hal yang wajar, pasalnya mulut akan berhenti beraktifitas sehingga memungkinkan tumbuhnya bakteri di dalam mulut. Namun jika kita mensiasatinya, bau mulut yang terjadi saat puasa juga dapat diminimalisir. Alangkah nikmatnya jika kita dapat menjalankan ibadah puasa tanpa bau mulut yang mengganggu.

Penyebab bau mulut saat puasa:

  • Karena minimnya aktifitas di dalam mulut ketika puasa, maka memungkinkan pertumbuhan bakteri yang pesat di dalam mulut. Bakteri dalam mulut memproduksi gas sulfur dari sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi sehngga menyebabkan bau mulut.
  • Karena puasa, produksi saliva(air liur) menjadi berkurang sehingga mulut tidak bisa menetralkan bakteri penyebab bau mulut yang bersarang di dalam mulut.
  • Penyebab bau mulut saat puasa juga bisa diakibatkan karena adanya penyakit dalam seperti gangguan fungsi hati dan terganggunya sistem pencernaan.

Selain penyebab di atas, bau mulut yang terjadi ketika puasa bisa juga karena faktor umum penyebab bau mulut berikut:

1. Sariawan

Sariawan dapat menjadi penyebab bau mulut karena terjadinya pembentukan nanah dan infeksi pada lukanya.

2. Perdarahan gusi

Gusi yang berdarah atau bengkak dapat menimbulkan bau mulut tidak sedap akibat membusuknya darah pada area tersebut.

3. Infeksi tenggorokan

Infeksi tenggorokan yang terjadi dapat menyebabkan bakteri memecah sel-sel dari saluran bronkial dan menghasilkan lendir dengan bau yang tidak enak.

4. Apnea tidur

Orang yang mengalami apnea tidur akan mengalami kesulitan bernapas melalui hidung. Mereka harus bernapas melalui mulut sehingga udara mengeringkan air liur yang akan meningkatkan resiko terjadinya bau mulut.

5. Obat-obatan

Obat-obatan seperti anti-depresan dan penghilang rasa sakit juga dapat menjadi pemicu bau mulut tidak sedap. Obat jenis ini dapat membuat mulut kering sehingga bau mulut akan meningkat.

Dari beberapa penyebab bau mulut di atas, mungkin salah satunya terjadi pada Anda. Nah agar Anda dapat menjalani puasa tanpa tanpa bau mulut, silakan baca pada artikel Cara Mengobati bau Mulut.

  1. author

    gunawan4 years ago

    oya gimana ya caranya agar mulut gak bau saat puasa tuh? Harga-Harga

    Reply
  2. author

    gunawan4 years ago

    walau bau mulut namun orang berpuasa mendapatkan pahala yang banyak…. puasa merupakan salah satu rukun islam.

    Reply

Leave a reply "Kenapa Orang Puasa Mulutnya Bau"